Pelatihan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo.
DOI:
https://doi.org/10.32332/dedikasi.v7i2.12150Abstract
Pengembangan kurikulum dalam pendidikan nonformal merupakan aspek fundamental dalam menjamin tercapainya layanan pendidiikan yang relevan, kontekstual, dan adaptif bagi masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo, khususnya pada program kesetaraan Paket C. Hasil analisis sangat penting untuk mengetahui kesesuaian kurikulum dan implementasinya apakah sudah berjalan secara optimal. Disamping itu dapat mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat baik dari sisi warga belajar, pamong, sarana dan prasaran serta manajemen SKB. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pamong belajar dan peserta didik, serta telaah dokumen. Penelitian ini dilaksakana di semester ganjil tahun ajaran 2025/2026. Informan dalam penelitian ini berjumlah 20 orang terdiri dari 5 orang pamong Belajar dan 15 orang warga belajar. Hasil kegiatan menunjukan bahwa Kurikulum Merdeka telah diterapkan, namun implementasinya masih terbatas pada pembelajaran di kelas formal, sedangkan pembelajaran di luar sekolah masih mengandalkan modul. Tantangan utama meliputi keterbatasan fasilitas, ketidakstabilan kehadiran peserta didik, serta minimnya bimbingan teknis bagi pamong belajar. Meskipun demikian, SKB menyediakan layanan pendidikan inklusif bagi masyarakat beragam latar belakang, termasuk warga belajar dewasa dan mereka yang bekerja. Hasil ini dapat berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi pamong dalam merancang pembelajaran, penguatan pendekatan pembelajaran yang fleksibel, mendorong pamong dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran serta penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung kurikulum merdeka. Artikel ini merekomendasikan perlunya peningkatan sarana pembelajaran, pelatihan pamong, serta revitalisasi program vokasi agar kurikulum benar-benar mampu menjawab kebutuhan masyarakat.
Kata kunci: pendidikan masyarakat; implementasi kurikulum; SKB; kesetaraan; pamong belajar
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurain Karnain, Halim K. Malik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.




