Pelatihan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo.

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32332/dedikasi.v7i2.12150

Abstract

Pengembangan kurikulum dalam pendidikan nonformal merupakan aspek fundamental dalam menjamin tercapainya layanan pendidiikan yang relevan, kontekstual, dan adaptif bagi masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo, khususnya pada program kesetaraan Paket C. Hasil analisis sangat penting untuk mengetahui kesesuaian kurikulum dan implementasinya apakah sudah berjalan secara optimal. Disamping itu dapat mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat baik dari sisi warga belajar, pamong, sarana dan prasaran serta manajemen SKB. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pamong belajar dan peserta didik, serta telaah dokumen. Penelitian ini dilaksakana di semester ganjil tahun ajaran 2025/2026. Informan dalam penelitian ini berjumlah 20 orang terdiri dari 5 orang pamong Belajar dan 15 orang warga belajar.  Hasil kegiatan menunjukan bahwa Kurikulum Merdeka telah diterapkan, namun implementasinya masih terbatas pada pembelajaran di kelas formal, sedangkan pembelajaran di luar sekolah masih mengandalkan modul. Tantangan utama meliputi keterbatasan fasilitas, ketidakstabilan kehadiran peserta didik, serta minimnya bimbingan teknis bagi pamong belajar. Meskipun demikian, SKB menyediakan layanan pendidikan inklusif bagi masyarakat beragam latar belakang, termasuk warga belajar dewasa dan mereka yang bekerja. Hasil ini dapat berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi pamong dalam merancang pembelajaran, penguatan pendekatan pembelajaran yang fleksibel, mendorong pamong dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran serta penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung kurikulum merdeka. Artikel ini merekomendasikan perlunya peningkatan sarana pembelajaran, pelatihan pamong, serta revitalisasi program vokasi agar kurikulum benar-benar mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

Kata kunci: pendidikan masyarakat; implementasi kurikulum; SKB; kesetaraan; pamong belajar 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

17-12-2025

How to Cite

Pelatihan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo. (2025). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 249-261. https://doi.org/10.32332/dedikasi.v7i2.12150