Aplikasi Charming Dustbin sebagai Upaya Menumbuhkan Gerakan Cinta Lingkungan bagi Anak Usia Dini KB TK Permata Iman 1 Malang
DOI:
https://doi.org/10.32332/d.v4i2.5456Keywords:
Lingkungan, Charming dutsbin, Anak usia diniAbstract
Kegiatan ini memiliki tujuan dalam upaya menumbuhkan gerakan cinta terhadap lingkungan bagi anak-anak usia 3-6 tahun di KB TK Permata Iman 1 Malang. Kegiatan yang dimaksud adalah mulai pengenalan, proses pembuatan dan penggunaan Charming Dustbin sebagai media membiasakan anak-anak usia tersebut untuk membuang sampah pada tempatnya. Anak-anak yang berada pada usia tersebut di atas merupakan anak yang sedang berada dalam usia emas tumbuh kembang sehingga berpeluang besar berhasil untuk menumbuhkan cinta lingkungan. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam pelatihan ini berupa demontrasi, membuat karya bersama, bermain sambil menyanyi dan mengambil sampah di lingkungan sekolah untuk dibuang bersama di Charming Dustbin yang telah dibuat. Charming dustbin ini merupakan tempat sampah yang diberi gambar menarik perhatian anak, sehingga anak termotivasi untuk membuang sampah pada tempatnya. Sasaran kegiatan ini berjumlah 30 anak dari kelas KB dan TK di lingkungan Permata Iman 1 Malang. Hasil dari kegiatan ini anak menghasilkan kreasi tempat sampah yang mendorong rasa cinta lingkungan. Motif dari gambar kreasi ini berupa lukisan hewan, tumbuhan dan karakter kartun. Antusias anak-anak dalam kegiatan ini luar biasa disamping dengan dukungan dari pihak sekolah yang besar pula.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.