Pemberdayaan Anak di Sanggar Pusaka Bantul Melalui Game-Based Learning  dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris

Authors

  • Ema Puspitasari Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-0706-1637
  • Mustofa Anwar Institut Agama Islam Darul A’mal Lampung, Indonesia
  • Lukman Habibul Umam Institut Agama Islam Darul A’mal Lampung, Indonesia
  • Siti Wulan Asih Chariyathamsuksa Foundation School, Thailand
  • Khabibul Khoiri Institut Agama Islam Darul A’mal Lampung, Indonesia
  • Joni Kawijaya Institut Agama Islam Darul A’mal Lampung, Indonesia
  • Hadijah Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia
  • Nikmah Mu’awanah Institut Agama Islam Darul A’mal Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32332/d1d3q688

Abstract

Pendekatan Game-based learning merupakan praktik pembelajaran yang mengintegrasikan unsur permainan yang interaktif dan menyenangkan. Akan tetapi, praktik pendekatan ini yang dielaborasi dengan teknologi dapat berdampak besar terhadap peningkatan kemampuan penguasaan kosakata anak. Tujuan pengabdian ini yaitu memberdayakan anak-anak di Sanggar Pusaka agar lebih aktif dalam mempelajari kategori kosakata baru dalam Bahasa Inggris. Metode pengabdian yang digunakan yaitu metode DEI (Dialogis, Ekspositori, Introgatif). Pelaksanaan pengabdian berupa pendampingan belajar pada anak usia 8 sampai 12 tahun, bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata serta motivasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Pendampingan ini meliputi empat tahap yakni observasi, perencanaan, pendampingan, evaluasi, dan refleksi. Tim pengabdian juga memfasilitasi keberlanjutan kegiatan ini melalui desain interaktif berupa latihan-latihan kosakata pada aplikasi kahoot yang dapat di akses secara mandiri atau berkelompok.

Kata kunci:  Pemberdayaan anak, game-based learning, kosakata.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

14-03-2025

How to Cite

Pemberdayaan Anak di Sanggar Pusaka Bantul Melalui Game-Based Learning  dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris. (2025). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 81-94. https://doi.org/10.32332/d1d3q688