PENERAPAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XII MIA SMA NEGERI 13 KABUPATEN MUARO JAMBI

Main Article Content

M Hidayat Rahma Dani Neneng Lestari

Abstract

Beberapa permasalahan seperti minat dan motivasi belajar kurang, muncul akibat kurang bervariasinya metode dan media pembelajaran fisika di kelas XII MIA SMA Negeri 13 Kabupaten Muaro Jambi.  Guru tidak bisa melakukan pembelajaran dengan maksimal karena keterbatasan alat dan media pembelajaran. Kebanyakan konsep sesuai kurikulum  yang seharusnya ditemukan siswa melalui pendekatan induktif atau konsep yang harus dibuktikan kebenarannya oleh siswa melalui pendekatan deduktif melalui praktikum tidak bisa terlaksana karena kekurangan alat praktikum. Suatu usaha yang bisa  dilaksanakan demi mengatasi masalah-masalah di atas yaitu menerapkan suatu kegiatan proses belajar mengajar  e-learning dengan menggunakan alat alat teknologi informasi dan komunikasi.Terdapat banyak media simulasi, animasi dan video pembelajaran yang seyogyanya bisa digunakan dalam kelas untuk membantu pemahaman konsep siswa baik secara online maupun offline, baik untuk pembelajaran klasikal maupun belajar mandiri oleh siswa. Tim pengabdian kepada masyarakat memperkenalkan berbagai media pembelajaran kepada guru kelas dan siswa. Luaran yang  dicapai dalam kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman dan kompetensi guru dan siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran dan meningkatkan mutu pembelajaran fisika di kelas. 


 


Kata kunci; Pembelajaran, E-learning, fisika;..

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HIDAYAT, M; DANI, Rahma; LESTARI, Neneng. PENERAPAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XII MIA SMA NEGERI 13 KABUPATEN MUARO JAMBI. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 186-195, mar. 2021. ISSN 2686-4347. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/2136>. Date accessed: 19 apr. 2021.
Section
Articles