Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sekampung

  • Kuni Maratus Solehah IAIN Metro
  • Hifni Septina Carolina Tadris Biologi IAIN Metro

Abstract





Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning  (PjBL) terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Sekampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan rubrik kreativitas siswa dan soal pretes-postes. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Sekampung. Hal ini terbukti dari hasil analisis data dari rumus uji-t dengan t hitung sebesar 10,40. Kemudian thitung dibandingkan dengan t tabel yaitu 10,40 > 2,064 (t hitung >t tabel).





Published
2023-01-01
How to Cite
SOLEHAH, Kuni Maratus; CAROLINA, Hifni Septina. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sekampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 166-177, jan. 2023. ISSN 2722-5275. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/5433>. Date accessed: 21 mar. 2023. doi: https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i2.5433.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.