Integrasi Potensi Lokal dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i2.9413Keywords:
Kurikulum Merdeka, Potensi lokal, Pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka terkait integrasi potensi lokal dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berdasarkan studi pustaka, observasi dan wawancara. Observasi dilakukan di salah satu SMP di Lampung Tengah dan wawancara dengan guru di sekolah tersebut. Teknis analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi kurikulum merdeka di sekolah tersebut sudah berjalan baik, (2) integrasi potensi lokal dalam pembelajaran perlu ditingkatkan agar siswa dapat memahami materi secara rill dan faktual, (3) sebagian siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga diperlukan metode pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Temuan dari penelitian ini menjadi dasar untuk penelitian selanjutnya bahwa perlunya refleksi berkala untuk mengevaluasi bagaimana integrasi potensi lokal dalam pembelajaran IPA maupun kegiatan P5 sehingga memungkinkan perbaikan terus menerus untuk mencapai tujuan pembelajaran.
References
Andarias, S. H., D, Y., & Ardyati, D. P. I. (2022). Potensi Tumbuhan Lokal Sebagai Sumber Belajar Biologi. Jec (Jurnal Edukasi Cendekia), 6(1). Https://Doi.Org/10.35326/Jec.V6i1.2166
Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2017). Designing And Conducting Mixed Methods Research. Sage Publications.
Dewi, R., & Agung Hartoyo. (2021). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4).
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3). Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i3.180
Harahap, M. N. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles Dan Huberman. Manhaj, 18(1).
Imtihana, E. R., & Djukri, D. (2020). Learners’ Skills Affected By The Integration Of Local Potential In Biology: A Review Study. Jurnal Bioedukatika, 8(3). Https://Doi.Org/10.26555/Bioedukatika.V8i3.16547
Kamila, K., Wilujeng, I., Jumadi, J., & Ungirwalu, S. Y. (2024). Analysis Of Integrating Local Potential In Science Learning And Its Effect On 21st Century Skills And Student Cultural Awareness: Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 10(5), 223–233. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V10i5.6485
Kemendikbudristek. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 008/H/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar Dan Jenjang Pendid. In Kemendikbudristek.
Kemendikbudristek. (2023). Siaran Pers : Implementasi Kurikulum Merdeka Tetap Berjalan Sesuai Rencana. Kemdikbudristek.Go.Id.
Nurhidayati, S. (2021). Mengintegrasikan Potensi Lokal Daerah Dalam Matakuliah Telaah Kurikulum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Belajar Merdeka. Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Dan Terapan, 1(1). Https://Doi.Org/10.36312/Pjipst.V1i1.28
Purwasih, D., & Wilujeng, I. (2023). The Local Potential Of “Kembang Island”: A Contextual Study In Science Learning. Vidya Karya, 38(1). Https://Doi.Org/10.20527/Jvk.V38i1.16104
Safitri, L., Susanti, M., Anggun, C., Wahyuni, S., Yusmar, F., & Nuha, U. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran IPA Pada Kurikulum Merdeka Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila: Studi Literatur. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1). Https://Doi.Org/10.52060/Mp.V8i1.1227
Sarah, S., Prasetyo, Z. K., & Wilujeng, I. (2018). Integration Of Living Values Into Physics Learning Based On Local Potentials. Journal Of Physics: Conference Series, 1022(1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1022/1/012026
Siregar, B., & Putri, V. (2023). Potret Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Penerbit Tahta Media.
Situmorang, R. P. (2016). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi Di Sma Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 4(1).
Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. Https://Doi.Org/10.51494/Jpdf.V4i2.952
Susilawati, A., Hernani, H., & Sinaga, P. (2017). The Application Of Project-Based Learning Using Mind Maps To Improve Students’ Environmental Attitudes Towards Waste Management In Junior High Schools. International Journal Of Education. Https://Doi.Org/10.17509/Ije.V9i2.5466
Susilawati, Y., & Muhfahroyin, M. (2021). Analisis Pentingnya Pengembangan Modul Biologi Berbasis Potensi Lokal Dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman. Biolova, 2(2). Https://Doi.Org/10.24127/Biolova.V2i2.1150
Wanti, L., & Chastanti, I. (2023). Analysis Of Preparation In The Independent Curriculum Implementation: Case Study On IPAS Learning. Bio-Inoved : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(2). Https://Doi.Org/10.20527/Bino.V5i2.15493
Warsihna, J., Ramdani, Z., Amri, A., Kembara, M. D., Steviano, I., Anas, Z., & Anggraena, Y. (2023). Tantangan Dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Sd: Sebuah Temuan Multi-Perspektif. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1). Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V11n1.P296--311
Wilujeng, I., & Suryadarma, I. G. P. (2018). The Effectiveness Of Integrating Local Potential On Science Process Skills And Conceptual Understanding. Https://Doi.Org/10.2991/Icli-17.2018.4
Zulfi, T., & Khairat, A. (2023). Implementation Of Independent Learning Curriculum In The Learning Of Islamic Religious Education At Sman 3 Batusangkar. Edumalsys Journal Of Research In Education Management, 1(1). Https://Doi.Org/10.58578/Edumalsys.V1i1.1083
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hifni Septina Carolina, Riandi Riandi, Diana Rochintaniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.