Pengembangan Modul Digital Bergambar sebagai Bahan Ajar Materi Sistem Pencernaan
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i1.9134Keywords:
Modul Bergambar Digital, Bahan Ajar, Sistem PencernaanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan modul bergambar digital pada materi sistem pencernaan sebagai bahan ajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Sekampung, dan untuk mengetahui dan menganalisis kelayakan modul bergambar digital dari segi materi, media, respon pendidik, dan respon peserta didik pada materi sistem pencernaan sebagai bahan ajar kelas XI SMA Negeri 2 Sekampung yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini berupa modul bergambar dalam bentuk digital yang telah divalidasi oleh para ahli. Hasil penilaian dari ahli materi diperoleh hasil sebesar 89% dan validasi ahli media diperoleh hasil sebesar 87% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji coba skala terbatas, hasil respon pendidik memperoleh hasil sebesar 86% dan respon peserta didik memperoleh hasil skor sebesar 86%.
References
Ali, J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Substansi Genetika Melalui Model E-Learning Dengan Media Modul Dan Lks Bergambar Pada Siswa Kelas Xii Ipa-1 Sman 1 Batanghari. Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2). https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1205
Alwan, M. (2017). Pengembangan model blended learning menggunakan aplikasi Edmodo untuk mata pelajaran geografi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10505
Amin, M. (2010). Implementasi hasil-Hasil penelitian bidang biologi dalam pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS.
Fauzan, M. (2021). Pengembangan Modul Inovatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/1052
Furqon Arbianto, U., Widiyanti, W., & Nurhadi, D. (2019). Kesiapan Technological, Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Calon Guru Bidang Teknik di Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.17977/um054v1i2p1-9
Harlis, H., & Budiarti, R. S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Praktikum dan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Mata Kuliah Mikologi Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jambi. BIODIK. https://doi.org/10.22437/bio.v3i2.5501
Hudha, M. N., Aji, S., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika. SEJ (Science Education Journal). https://sej.umsida.ac.id/index.php/sej/article/view/1580
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1).
Mu’Minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi Stem Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1.
Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 4(2). https://doi.org/10.30983/educative.v4i2.2340
Puspita, M., Sumarni, W., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan Modul Bilingual Bergambar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Tema Energi Di Alam Sekitar. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2).
Ristekdikti. (2018). Era Revolusi Industri 4.0 Saatnya Generasi Millenial Menjadi Dosen Masa Depan. Sumber Daya IPTEK Dan DIKTI.
Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Biodik : Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.
Sasmita, A., & Fajriyah, K. (2018). Pengembangan modul berbasis quantum learning tema ekosistem untuk kelas V Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah …. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/2355
Septora, R. (2017). Pengembangan modul dengan menggunakan pendekatan saintifik pada kelas X sekolah menengah atas. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM …. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/494
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D, Alfabeta, cv.
Susanti, E., & Syahputra, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Software Prezi Melalui Pendekatan Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Mathematica in Education and Research, May.