Inovasi Pembelajaran sebagai Strategi Peningkatan Kemampuan Guru Biologi di SMAN 5 Metro

Authors

  • Hifni Septina Carolina Tadris Biologi IAIN Metro
  • Ema Suryani SMAN 5 Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i2.4069

Keywords:

Inovasi Pembelajaran, Kemampuan Guru, Pembelajaran Berkualitas

Abstract

Kemampuan yang dibutuhkan di era pembelajaran abad 21 yaitu berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Maka dalam proses pembelajaran, siswa seharusnya dapat terlibat aktif dan berkolaborasi dengan teman. Peran guru sangat signifikan untuk setiap proses pembelajaran yang berkualitas dan bermakna. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di sekolah dalam pembelajaran biologi, diketahui bahwa proses pembelajaran masih lebih berpusat pada guru, dimana guru hanya menyampaikan materi sebagai suatu produk dan siswa menghafal informasi faktual. Untuk alasan inilah, kemampuan guru dalam mempersiapkan pengalaman belajar bagi siswa, seharusnya tidak hanya menekankan produk tetapi juga memperhatikan aspek proses dan sikap yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan beberapa gagasan terkait inovasi pembelajaran yang bisa dijadikan rujukan oleh guru untuk memperbaiki proses pembelajaran supaya tujuan pembelajaran tercapai.

Downloads

Published

2021-12-29