Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sekampung

Authors

  • Kuni Maratus Solehah IAIN Metro
  • Hifni Septina Carolina Tadris Biologi IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i2.5433

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning  (PjBL) terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Sekampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan rubrik kreativitas siswa dan soal pretes-postes. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Sekampung. Hal ini terbukti dari hasil analisis data dari rumus uji-t dengan t hitung sebesar 10,40. Kemudian thitung dibandingkan dengan t tabel yaitu 10,40 > 2,064 (t hitung >t tabel).

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sekampung. (2023). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(2), 166-177. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i2.5433