Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Minat Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Indonesia

Authors

  • Irmawati M Universitas Sulawesi Barat
  • Irfan Yusuf Universitas Papua
  • Sri Wahyu Widyaningsih Universitas Papua

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v8i2.5201

Abstract

Abstrak

Penggunakan model pembelajaran dalam proses pembelajaran sangat penting karena sangat menentukan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah minat belajar siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan menggunakan desain one-group pretest-posstest. Sampel penelitian ini adalah 28 anak kelas 3 SD di Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar peserta didik pada saat prestest memperoleh nilai rata-rata adalah 47,10 dan minat belajar pada saat posstest adalah 56,25. Peningkatan minat belajar sebelum dan setelah penerapan model Problem Bassed Learning berdasarkan uji gain  sebesar 0,4 berada dalam kategori sedang. Hasil uji Z (Wilcoxon) diperoleh signifikansi  0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa model Problem Bassed Learning berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di sekolah dasar.

Kata Kunci: Problem Based Learning, minat belajar

Downloads

Published

2022-12-27