Pengaruh Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Terhadap Prestasi Matematika Siswa SD di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Husna Atiya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Siti Romi Syamsiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Siti lailiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Nurul Arifin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.3019

Abstract

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan dampak buruk dalam dunia pendidikan.  Untuk menindak lanjuti pelaksananan pembelanjaran  supaya dapat terus berjalan maka,  di berlakukan pembelajaran online dengan sistem daring. Disini  guru dituntut tetap dapat melaksanakan kewajibanya dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran daring yang disampaikan oleh guru dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini sebanyak 109 siswa. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas 4 sekolah dasar SD Yapita Surabaya yang terdiri dari 4 rombongan belajar dengan total jumlah keseluruhan 109 orang siswa. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan tipe sampling jenuh dengan memilih keseluruhan anggota populasi untuk dijadikan sampel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran langsung lebih meningkatkan prestasi belajar daripada pelaksanaan pembelajaran daring

Keywords: Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar, Pandemi Covid-19

 

Downloads

Published

2021-11-22

Most read articles by the same author(s)