Efektivitas Media Cerita Bergambar Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Wiwin Nur Istiqomah UIN Sunan AMPEL Surabaya
  • Siti Lailiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.6779

Abstract

Media pembelajaran menjadi salah satu solusi dalam mengatasi berbagai macam permasalahan dalam pembelajaran. Pemakaian media ini bertujuan untuk merangsang perhatian dan meningkatkan pola berpikir siswa baik secara kreatif maupun kritis. Harapan dalam observasi ini untuk membuktikan efektivitas media cerita bergambar matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa madrasah ibtidaiyah. Jenis penelitian yang dipakai peneliti yaitu pre eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Sasaran yang diuji cobakan adalah kelas III yang berjumlah 21 siswa Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Krembung Sidoarjo. Data hasil penelitian berupa tes (pretest dan posttest) sebelum dan sesudah menggunakan media cerita bergambar materi pecahan. Teknik penjabaran data menggunakan deskriptif dan inferensial. Data inferensial diambil dari uji N-Gain SPSS versi 16. Berdasarkan analisis dari penelitian, menyatakan hasil pretest  kemampuan berpikir kreatif 59,6 kritis diperoleh 66,5. Sedangkan hasil posttest kemampuan berpikir kreatif 81,8 kritis diperoleh 87,8. Hasil analisis data tentang peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kritis sebelum dan setelah penerapan media cerita bergambar berdasarkan analisis uji N-Gain  berpikir kreatif sebesar 0,5 kritis 0,6 berada dalam kategori sedang. Hasil uji Paired Sample T-Test Saphiro Wilk ditemukan hasil signifikasi sebesar 0,000 sehingga dinyatakan media cerita bergambar mempunyai efektivitas dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa madrasah ibtidaiyah.

Kata Kunci: Madrasah Ibtidaiyah, Media Cerita Bergambar

Published

2023-12-26

Most read articles by the same author(s)