Efektivitas Media Cerita Bergambar Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.6779Abstract
Media pembelajaran menjadi salah satu solusi dalam mengatasi berbagai macam permasalahan dalam pembelajaran. Pemakaian media ini bertujuan untuk merangsang perhatian dan meningkatkan pola berpikir siswa baik secara kreatif maupun kritis. Harapan dalam observasi ini untuk membuktikan efektivitas media cerita bergambar matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa madrasah ibtidaiyah. Jenis penelitian yang dipakai peneliti yaitu pre eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Sasaran yang diuji cobakan adalah kelas III yang berjumlah 21 siswa Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Krembung Sidoarjo. Data hasil penelitian berupa tes (pretest dan posttest) sebelum dan sesudah menggunakan media cerita bergambar materi pecahan. Teknik penjabaran data menggunakan deskriptif dan inferensial. Data inferensial diambil dari uji N-Gain SPSS versi 16. Berdasarkan analisis dari penelitian, menyatakan hasil pretest kemampuan berpikir kreatif 59,6 kritis diperoleh 66,5. Sedangkan hasil posttest kemampuan berpikir kreatif 81,8 kritis diperoleh 87,8. Hasil analisis data tentang peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kritis sebelum dan setelah penerapan media cerita bergambar berdasarkan analisis uji N-Gain berpikir kreatif sebesar 0,5 kritis 0,6 berada dalam kategori sedang. Hasil uji Paired Sample T-Test Saphiro Wilk ditemukan hasil signifikasi sebesar 0,000 sehingga dinyatakan media cerita bergambar mempunyai efektivitas dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa madrasah ibtidaiyah.
Kata Kunci: Madrasah Ibtidaiyah, Media Cerita Bergambar
References
Al Kamil, M. N., Rita Eka Izzaty, & Nur Patmawati. (2023). Digital Picture Storybooks, Can Increase Students’ Self-Efficacy and Interest in Learning? Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 35–45. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i1.54457
Anggreani, C. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui metode eksperimen berbasis lingkungan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 343–360. https://doi.org/10.21009/JPUD.092.09
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
Dessiane, S. T., & Hardjono, N. (2020). Research & Learning in Primary Education Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar Atau Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar. 2.
Dewi, T. H. S. (2021). Pengembangan Media Berbasis Cerita Bergambar Untuk Materi Bangun Datar Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hardisman, MHID, P. (2020). Mudah, Praktis, Gratis, dan Legal Analisis Data Dan Statistik Kesehatan dengan Program JASP. Guepedia.
Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447
Gunawan, A., & Suhardi, S. (2019). Thematic-integrative-based pictorial book for improving the understanding reading skills of elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 7(2), 150–161. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i2.14993
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. of Physics. Indiana University 24245 Hatteras Street, Woodland Hills, CA(91367 USA).
Harisuddin, M. I. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. PT. Panca Terra Firma.
Ika Rahayu Satyaningrum, Jemi PabisanganTahirs, Bertholomeus Jawa Bhaga, Petrus Kpalet, Nurlaila Agustikawati, Yuniansyah, S. A. (2022). Metodologi Penelitian. Cendekia Publisher.
Khamidah, N. (2017). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b), 114–119.
Masruro, L. (2018). Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPS Kelas III SD YPI DARUSSALAM CERME-GRESIK. JPGSD, 6 (2), 199.
Mawanto, A., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pecahan Kelas II. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 424–437. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.243
Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas Aud. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. PT Rineka Cipta.
Musfiqon, M. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Prestasi Pustakarya.
Netti Herawati, B. S. B. (2018). Prosiding Seminar Nasional: Memaksimalkan Peran Pendidik dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa, Jilid 4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Novikasari, I. (2009). Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 346–364.
Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, M. B. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.
Pratiwi, S., Komala, E., Matematika, P., Keguruan, F., Suryakancana, U., & Raya, J. P. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar matematika. 6(2), 143–152.
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951
Rusmono, & Alghazali, M. I. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Siswono, T.Y.E & Rosyidi, A. . (2005). Menilai Kreativitas Siswa Dalam Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika “Peranan Matematika dan terapannya dalam meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Indonesia” di jurusan matematika FMIPA UNESA. 2.
Siti Rahmatillah, Hobri, Ervin, O. (2017). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika. Kadikma, 08 no 2, 52.
Sodik, S. S. & M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. literasi Media Publishing.
Subariyanto, M. I., Ambarita, A., & Yulianti, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SD. Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 77. https://doi.org/10.32332/elementary.v8i1.4620
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Taruli Marito S, Mei Lyna G, M. B. G. (2020). Peran Emosi Dalam Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini. Lakeisha.
Zakaria. (2020). Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD / MI. Dirasah, 03(2), 106–120. https://stai-binamadani.e-jo