DINAMIKA PEMIKIRAN ISLAM INDONESIA

SEBUAH DESKRIPSI WACANA INTELEKTUALISME ISLAM DI INDONESIA

Authors

  • Zainal Abidin Institut Agama Islam Negeri Metro

Keywords:

Pemikiran Islam, Islam

Abstract

Perkembangan pemikiran Islam di Indonesia mengindikasikan beberapa ide-ide rekonstruksi pemikiran Islam yang memiliki beberapa implikasi. Pembentukan kesadaran Islam yang luar biasa pada diri para cendekiawan muslim, mereka membuat kategorisasi ide untuk membangun perspektif Islam dan untuk mendapatkan beberapa alternatif pemecahan masalah berdasarkan pengalaman. Untuk waktu yang lama beberapa intelektual Islam lebih independen untuk mengekspresikan pikiran mereka seperti Nurcholish Madjid, Abdurrahman Wahid dll. Mereka memperkenalkan filsafat pada paradigma dan membuat grand metodologi studi Islam di Indonesia. Tulisan ini menunjukkan bahwa perspektif yang digunakan sangat berbeda antara para cendekiawan muslim. Jenis pemikiran dapat dibagi dalam ke empat jenis yaitu ideologi Islam sebagai paradigma fundemental, neo-modernisme yang memiliki konsep terbuka terhadap studi Islam, rasionalism dalam Islam dan percabangannya, dan Islam Liberal yang disutradarai oleh para pemikir muslim muda, lahir setelah reformasi dalam transformasi politik Indonesia. Era ini disebut sebagai era reformasi  dimana beberapa aktivis muslim muda pada kesempatan ini dapat mengekspresikan pemikiran dengan semangat pembebasan, dan dalam waktu yang sama konstruksi mereka dalam berpikir harus siap mendapat tanggapan dari kctivis fundamentalisme Islam radikal atau Islam di Indonesia.

The development of Islamic thought in Indonesia indicated that some ideas as the reconstruction of Islamic thinking its have several implications. The establishment of Islamic consciousness remarkable in the muslim scholars, they make categories of their ideas to build in the Islamic perspectives its available to get some alternatives of the people problems like their experiences. For a long time some intelectual moslem have been more independent to expression their thinking like Nurcholish Madjid, Abdurrahman Wahid etc. They introduced the philosophy on the paradigm and make the grand metodology of Islamic study in Indonesia. The kind of character in several times, indicated that perspective used is very different between muslim scholars. The type of thinking may be divided in to four kinds, there Islamic Ideologi as the fundemental paradigm in their concept, neo-modernism to have the opened concept of Islamic study, rationalism in Islam and its ramification, and the last time the Islamic liberlism directed by the young muslim thinkers, was born after reformation in Indonesian politic transformation. This era called by reformation era, some young muslim activists on this occasion can be experession  with liberation spirit of opened era, and in the same time their construction in thinking must be respons by the Islamic radical or Islamic fundamentalism activis in Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mukti, Ilmu Perbandingan Agama, dalam Pengantar, Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga Press, 1990).
Azra, Azyumardi, Jaringan Ulama Nusantara abad 18, (Bandung: Mizan, 1996). Hidayat, Komarudin, Wahyu di Langit dan wahyu di Bumi, (Jakarta: Paramadina,
2003).
Johan Efendi (ed.) dalam Catatan Harian Ahmad Wahib, (Jakarta: LP3S, 1990). Madjid, Nurcholish, Islam Kemodernan dan Keindonesiaan, Bandung: Mizan, 1989.
Islam Doktrin dan Peradaban, (Jakarta; Paramadina, 1994). Nasution, Harun, Falsafah dan Mistisisme, (Jakarta: Bulan Bintang, 1989).
Islam di Tinjau dari Berbagai Aspeknya, jilid I, (Jakarta: UI Press, 1990).
Teologi Islam, (Jakarta: UI Press, 1986).
Rais, Amin, Cakrawala Islam, (Bandung: Mizan, 1990). Rakhmat, Jalaluddin, Islam Aktual, (Bandung: Mizan, 1990). Shihab, Alwi, Islam Inklusif, (Bandung: Mizan, 1997).
Syadzali, Munawir, Islam dan Tata Negara Jakarta: UI Press, 1998.
Watt, William Mongomerry, Fundamentalisme dan Modernitas Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 1998).
Wijoyo, Kunto, Paradigma Islam (Bandung: Mizan, 1991).

Downloads

Published

2012-10-24