SPIRIT PENDIDIKAN DALAM AL-QURAN

Upaya Transformasinya dalam Kehidupan Umat di Era Global

Authors

  • Mokhtaridi Sudin Institut Agama Islam Negeri Metro

Keywords:

Spirit, Al-Qur’an, pendidikan, globalisasi, Qoran, Edication, Globalization, transformation

Abstract

Al-qur’an adalah firman Allah SWT yang digunakan sebagai pedoman bagi seluruh umat manusia. Al-Qur’an, aleh karenanya, bukanlah sebuah karya akademik maupun karya fiksi. Dari segi pandangan, Al-qur’an mengandung seluruh aspek kehidupan manusia, seperti aspek sosial, politik, dan ekonomi. Fakta bahwa ada banyak ayat-ayat Al-qur’an berhubungan dengan isu-isu tersebut di atas, menunjukkan peran penting Al-qur’an dalam Islam. Karena Al-qur’an diyakini menjadi sebuah pedoman untuk manusia menuju jalan yang benar. Dengan adanya ayat-ayat tentang hukum, contohnya, manusia dipedomi untuk menjalankan dalil dan untuk menegakkan hokum dan keadilan untuk kepentingan mengembangkan peradaban berdasarkan norma-norma dan nilai Islam secara keseluruhan. Tulisan ini mencoba memamparkan dan menguji ayat-ayat Al-qur’an yang berhubungan dengan aspek-aspek kehidupan mausia, khususnya dalam aspek- aspek pendidikan, di dalam konteks global.

The Qur’an is God sayings which serve as guide for all humankind. It is therefore neither an academic work, nor fiction. The Qur’an contains all aspects of human life, for example, social, cultural, political, and economic points of view. The fact that there are many Qur’anic verses dealing with such issues shows its significance in Islam because the Quran is believed to be a guide for human to go on right path. With the existence of verses on law, for example, human are guided to enforce law and just for the sake of developing civilization based on universal Islamic values and norms. This article tries to describe and examine Qur’anic verses dealing with the aspects of human life, especially in educational aspects, in global context.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2011-03-11

Most read articles by the same author(s)