PEMETAAN KOMPETENSI DASAR DAN INTEGRASI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP DI KABUPATEN MUARO JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.32332/d.v1i2.1767Keywords:
Pemetaan kompetensi dasar, kearifan lokal, pembelajaran sainsAbstract
Muaro Jambi adalah salah satu kabupaten yang kaya akan kearifan lokal dan potensi lokal. Tetapi studi ilmu pengetahuan di sekolah belum mengintegrasikan kearifan lokal. Karena masih banyak guru yang kesulitan mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam pembelajaran. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah melalui pemetaan kompetensi dasar dan integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran sains. Kegiatan penjangkauan masyarakat dilaksanakan di SMPN 7 Muaro Jambi. Peserta acara kepada masyarakat adalah guru IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Metode pelaksanaan kegiatan pelayanan masyarakat ini berbentuk Focus Group Discussion (FGD). Potensi kearifan lokal Jambi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber ilmu belajar, yaitu Sekapur Sirih, prosesi pernikahan tradisional Jambi, Candi Muaro Jambi, rumah Kajang Leko, perahu, tangkul, lubuk larangan, hutan adat, hutan desa, Tempoyak, bambu Lemang, batik Jambi, pembuatan batu bata, proses Machete oleh pandai besi, desa elektrik mandiri, Gunung Kerinci, perkebunan teh kayu Aro, perkebunan kentang, dodol kentang, perkebunan kopi liberica, Danau KACO, sungai Batanghari, perkebunan karet, dll. Konsep ilmu pengetahuan dalam objek kearifan lokal Jambi relevan dengan pokok bahasan kurikulum 2013 dapat dipetakan berdasarkan kompetensi yang sesuai (KD). Para guru IPA di Kabupaten Muaro Jambi diharapkan mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran IPA berdasarkan kearifan lokal Jambi sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.