Blended Learning vs Hybrid Learning: Perspektif Guru tentang Pembelajaran di Sekolah Dasar Pasca-COVID-19

  • Elfia Sukma Universitas Negeri Padang
  • Vivi Indriyani Universitas Negeri Padang
  • Ari Suriani Universitas Negeri Padang

Abstract

Abstrak


Selain perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pandemi COVID-19 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendidikan. Proses pembelajaran secara cepat berubah dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh online sehingga guru dan siswa, siap atau tidak harus menggunakan perangkat teknologi dalam pembelajaran. Meskipun terlalu dini untuk menilai dampak jangka panjang COVID-19 dalam pendidikan, saat ini Pandemi sudah menunjukkan titik akhir. Para peneliti sudah mulai melihat dampak pandemi terhadap pendidikan di masa depan. Metode pembelajaran yang memungkin muncul untuk diprediksi dapat digunakan untuk pendidikan di masa depan, di antaranya adalah Online Learning, Blended Learning dan Hybrid Learning. Apakah metode tersebut siap digunakan oleh guru dan siswa? Apakah metode pembelajaran bisa saja kembali pada masa sebelum Pandemi? Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat guru mengenai pembelajaran pasca pandemi di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei dengan menggunakan instrumen berupa angket. Jumlah responden yang mengisi angket adalah 83 orang responden. Responden merupakan guru Sekolah Dasar di Sumatera Barat. Data angket dianalisis dengan mendeskripsikan temuan-temuan yang diperoleh yang dideskripsikan melalui statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini di tingkat sekolah dasar pembelajaran dilakukan secara tatap muka (67,5%). Berdasarkan pendapat guru, pandemi COVID-19 lebih cenderung menimbulkan efek negatif dibandingkan efek positif dan mayoritas guru berhadap pembelajaran setelah pandemi kembali dengan metode lama yaitu pembelajaran tatap muka tetapi masih memanfaatkan teknologi agar pembelajaran lebih menarik.


Kata kunci: Blended Learning, Hybrid Learning, Pembelajaran di Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-27
How to Cite
SUKMA, Elfia; INDRIYANI, Vivi; SURIANI, Ari. Blended Learning vs Hybrid Learning: Perspektif Guru tentang Pembelajaran di Sekolah Dasar Pasca-COVID-19. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 28-48, dec. 2022. ISSN 2579-9282. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/elementary/article/view/4821>. Date accessed: 19 june 2024. doi: https://doi.org/10.32332/elementary.v8i2.4821.