Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SD

Authors

  • Muhammad Isro'i Subariyanto Universitas Lampung, Indonesia
  • Alben Ambarita Universitas Lampung, Indonesia
  • Dwi Yulianti Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v8i1.4620

Abstract

Penelitian dan pengembangan E-LKPD berbasis discovery learning ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD di Gugus Kartini III Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengembangkan efektivitas      E-LKPD berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan merujuk pada teori model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket dan soal tes yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil uji kemenarikan, kemudahan, dan kebermanfaatan berturut-turut memperoleh skor 4,05 (kategori menarik), 4,02 (kategori mudah), dan 4,20 (kategori bermanfaat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis discovery learning efektif mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD dengan perolehan nilai N-gain sebesar 0,12 (kategori cukup baik).

Kata kunci: E-LKPD, discovery learning, dan berpikir kritis.

 

Downloads

Published

2022-05-01