Pengaruh Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Terhadap Prestasi Matematika Siswa SD di Era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.3019Abstract
Abstract
Pandemi Covid-19 mengakibatkan dampak buruk dalam dunia pendidikan. Untuk menindak lanjuti pelaksananan pembelanjaran supaya dapat terus berjalan maka, di berlakukan pembelajaran online dengan sistem daring. Disini guru dituntut tetap dapat melaksanakan kewajibanya dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran daring yang disampaikan oleh guru dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini sebanyak 109 siswa. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas 4 sekolah dasar SD Yapita Surabaya yang terdiri dari 4 rombongan belajar dengan total jumlah keseluruhan 109 orang siswa. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan tipe sampling jenuh dengan memilih keseluruhan anggota populasi untuk dijadikan sampel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran langsung lebih meningkatkan prestasi belajar daripada pelaksanaan pembelajaran daring
Keywords: Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar, Pandemi Covid-19
References
Ariyani, Fina. “Pengaruh pembelajaran berbantukan media online facebook terhadap hasil belajar fisika pada konsep termodinamika: kuasi eksperimen Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta,” 2010.
Bangun, Sabaruddin Yunis. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Materi Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Kondisi" Stay At Home”.” Bunga Rampai, t.t., 11.
Dewa, Egidius, Maria Ursula Jawa Mukin, dan Oktavina Pandango. “Pengaruh pembelajaran daring berbantuan laboratorium virtual terhadap minat dan hasil belajar kognitif fisika.” Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA) 3, no. 2 (2020): 351–59.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. “Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2020): 55–61.
Efendi, Amin. “Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Melalui Manajemen Kepala Sekolah.” Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 2, no. 1 (22 Februari 2017): 19–27.
Indrawati, Iin. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Melalui Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Tentang Sistem Administrasi Wilayah Indonesia Pada Siswa Kelas Vi Mi Miftahul Ulum 04 Mundurejo Kabupaten Jember Semester Ganjil 2020/2021.” PESAT 6, no. 5 (2020): 35–60.
Jamil, Syarifah Hikmah, dan Invony Dwi Aprilisanda. “Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa pada masa pandemik covid-19.” Behavioral Accounting Journal 3, no. 1 (2020): 37–46.
Karim, Hamdi Abdul. “Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah.” Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 2, no. 2 (23 Februari 2017): 45–56.
Liu, An Nisaa Al Mu’min, dan Ilyas Ilyas. “Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisika Universitas Flores.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK) 6, no. 1 (2020): 34–38.
Mahmudah, Safira Rona. “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19.” Al-Mau’izhoh 2, no. 2 (2020).
Musliyadi, Musliyadi. “Potensi Ancaman Bencana Virus Corona di Provinsi Aceh.” Serambi Konstruktivis 2, no. 2 (2020).
Nurohmah, Siti, Nanang Kosim, dan Dede Rohaniawati. “Penerapan Media Big Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas IV.” Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4, no. 2 (3 Desember 2018): 185–94. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1235.
Prastowo, Andi. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenadamedia, 2019.
Sadikin, Ali, dan Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic).” Biodik 6, no. 2 (2020): 214–24.
Suyanto, M., dan Universitas Amikom. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Penerbit Andi, t.t.
Yunitasari, Ria, dan Umi Hanifah. “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 3 (2020): 232–43.