DESAIN MATERI AJAR BAHASA ARAB BERBASIS CERITA RAKYAT UNTUK TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Akla Akla Institut Agama Islam Negeri Metro

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian  dan pengembangan model materi ajar bahasa Arab berbasis cerita rakyat untuk Madrasah Ibtidaiyah disimpulkan bahwa model materi ajar bahasa Arab yang  dibutuhkan peserta didik dan guru di Madrasah Ibtidaiyah adalah berbasis cerita rakyat yang mencakup empat keterampilan bahasa seimbang, menarik disertai gambar warna-warni dan  sesuai dengan kehidupan peserta didik sehari-hari. Materi harus  disertai dengan latihan-latihan yang cukup. Rancangan model Materi ajar bahasa Arab yang akan dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari: (1)   analisis kebutuhan, (2) proses penyusunan draf model yang terdiri dari analisis kondisi pembelajaran yaitu analisis tujuan dan sumber belajar,  langkah pengembangan yang terdiri dari kegiatan merumuskan SK-KD, menyusus silabus ,menetapkan metode dan media dan menyusun instrumen evaluasi dan langkah pengukuran hasil belajar. (3) menyusun draf materi ajar yang terdiri dari kata pengantar,petunjuk penggunaan materi dan petunjuk buku, analisis program pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Kesemuanya ini dirumuskan oleh peneliti dalam satu kesatuan materi ajar yang terdiri dari: isi materi, latihan dan evaluasi. Desain model materi ajar  ini baru sebatas desain yang disusun berdasarkan penelitian pendahuluan. Untuk menguji efektifitas keberhasilan materi ini terhadap keterampilan berbahasa peserta didik perlu dilakukan penelitian lanjut


This article deals with folklore-based learning materials for Arabic lesson at Islamic elementary school. Learning materials are supposed to be colorful and contextual to students’ daily lives. They also should be equipped by adequate exercises. The learning materials model designed in this study included: (1) needs analysis; (2) drafting instruction model which consisted of teaching objectives, teaching resources, competencies, syllabus, media, and assessment instruments; (3) designing the learning materials which embraced the acknowledgement, manual, and classroom activities. The learning materials design presented in this writing is preliminary in nature. The effectiveness of the learning materials needs a further investigation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmet Basal, ELT Yeacher as Online Material Developers Tojdel; The online Journal of Distance Education and e- Learning, Volume,1, Issue 2, Turkey, Yilzid Tecnichal University Education Faculty , 2014
Endang Mulyatiningsih, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, (Bandung; Alfabeta, 2013)
Rita C. Richey and James D. Klein, Design And Developmnet Reseach; Methods, Strategies and Issue, (New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Inc, 2007)
Geoffrey Mokua Maroko, Depelopment of Language Materials for National Depelopment ALanguage Management Perspective, International Journal of Education and Resarch, (Nairobi: Kenya University, 2013)
Kenji Kitao dkk, Selecting and Developing Teaching/ Learning Materials, The Intdernet TESL Journal, (Japan: Kyoto, 2014)
Andrew Littlejohnm, Language Teaching Materials and the (Very) Big Picture, Electronic Journal of Foreign Language Teaching ,Vol. 9, Suppl. 1, pp. 283–297, (Singapore: Centre for Language Studies National University of Singapore, 2012)
Burhan Nurgiyantoro, Teori Penkajian Fiksi, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2000)
Cullinan, Bernice. Literature and The Child, (New York: Harcourt Brace Jovanovich, 1989)
HG. Widdowson, Teaching Language as Communication, (London: Oxford University Press, 2008)
I.S.P. Nation an/d John Macalister, Language Curriculum Design, (New York: Routledge, 2010)
Jayakaran Mukundan, Developing an English Language Textbook Evaluation Checklist: A Focus Group Study, International Journal of Humanities and Social Science Vol. 1 No. 12, Malaysia, Selangor, 2011
Jeremy Harmer, The Practice of English Language Teaching, (USA: Pearson Education, 2007)
L.R Gay, Geoffrey E Mills dan Peter Airasian, Educational Research: Competencies for Analysis and Applications (London: Pearson Education Ltd, 2009)
Mohammad Abdul Qadir Ahmad, Turuq Ta’lim al-Lughah al- Arabiyaj, (Cairo: Maktabah an-Nahdhah al-Mishriyyah, cet ke-5, 1986)
Rusydi Ahmad Thoa’imah, Al-Marja’ fî Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah li al-Nathiqin bi Lughatin Ukhra, Jami’ah Ummu al-Qura, Ma’had al-Lughah al-‘Arabiyyah, Wahdat al-Buhuts wa al-Manahij, Silsilah Dirasat fi Ta’lîm al-‘Arabiyyah, juz II, 2003
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, cet ke-9, 2010)
Walter R Borg dan Meredith Damien Gall, Educational Research An Introduction, (London: Longman, Fourth Edition, 1983)
Published
2016-04-17
How to Cite
AKLA, Akla. DESAIN MATERI AJAR BAHASA ARAB BERBASIS CERITA RAKYAT UNTUK TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam (online), [S.l.], v. 21, n. 1, p. 153-172, apr. 2016. ISSN 2356-2420. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/461>. Date accessed: 18 oct. 2021.