PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN FIQIH

  • Nurul Afifah Institut Agama Islam Negeri Metro

Abstract


Penelitian  ini  mengangkat  permasalahan  pembelajaran  fiqih  MTs., yang


dalam implementasinya lebih menekankan aspek kemampuan kognitif, kurang mengakomodasikan aspek psikomotorik dan afektif. Hal ini mengindikasikan bahwa pendekatan yang lebih humanistik menurut penulis kiranya dapat menjadi tawaran solusi terhadap permasalahan tersebut di atas. Obyek penelitian ini, lebih difokuskan kepada materi kurikulum fiqih berupa Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar berdasarkan Permenag RI Nomor 2 Tahun 2008. Sehingga rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah pendekatan humanistik dalam kurikulum (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) mata pelajaran fiqih MTs. Dan menawarkan bagaimanakah impelementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini adalah studi pustaka, karena sumber data yang digunakan seutuhnya berasal dari perpustakaan atau dokumentatif. Sementara pendekatan penelitian yang penulis pakai adalah  dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Proses analisis data dalam penelitian ini dengan hermeneutika. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa materi kurikulum fiqih MTs. yang ada agar lebih mencerminkan kebutuhan siswa, perlu dimasukkan keseimbangan materi yang mencerminkan prinsip-prinsip pendidikan yang humanistik. Dalam penelitian ini juga penulis menawarkan konsep pembelajaran fiqih dengan menggunakan pendekatan humanistik.


This study discusses the issue of learning fiqh MTs which it is implementation emphasizes the aspects of cognitive abilities, less accommodating the psychomotor and affective aspects. This indicates that a more humanistic approach according to the author would be able to offer a solution to the problems mentioned above. The object of this study, more focused more on fiqh curriculum in the form of Competence Standard and Basic Competence based Permenag No. 2 of 2008. So the formulation of the problem of this research is how humanistic approach in the curriculum (Standards of Competence and Basic Competence) of fiqh subjects MTs. And offer how the impelementation of humanistic approach in learning fiqh at MTs. This study is library research, because the data sources are used entirely derived from the library or dokumentatif. While the research approach uses analytical descriptive approach. The process of analysis data with hermeneutics. whatever available the needs of students requirement, need to be incorporated material balance that reflects the principles of humanistic education. In this study the authors also offer the concept of learning fiqh using humanistic approach.


Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Jurjani, Abu Hasan, al-Ta‟rifat, Mesir: Must}afa Al-Bab al-Halabi, 1938.
Al-Mawardi, Adab al-Dunya wa al-Din. Beirut: Dar al-Fikr, tt.
Baharuddin, dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2008.
Baharudin, dan Moh. Makin, Pendidikan Humanistik,Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.
Darajat, Zakiah, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
De Porter, Bobby, Mark Reardon dan Sarah Singer Nourie, Quantum Teaching: mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-ruang kelas, Penerj. Ary Nilandari, Bandung: Kaifa, 2008.
Departeman Agama RI, Kurikulum 2004, Standar Kompetensi, Jakarta : Dirjen Bimbaga Islam, 2004.
Standar Penilaian di Kelas, Jakarta: Dirjen Bagais. Direktorat Madrasah dan PAI di Sekolah Umum, 2003.
KBK Penilaian Berbasis Kelas Fiqih Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: Direktorat Madrasah dan PAI Sekolah Umum, 2003.
Dirjen Kelembagaan Agama Islam Depag RI, Standar Kompetensi Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: t.p., 2005.
Goble, Frank G., Madhab Ketiga:Psikologi Humanistik Abraham Maslow, terj. A. Supratinya, Yoyakarta: Kanisius, 2007.
Graham, Helen, Psikologi Humanistik: Dalam Konteks Sosial, Budaya dan Sejarah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Hamalik, Oemar. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: RosdaKarya, 2008.
Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Hatsin, Abu, Islam dan Humanisme: Aktualisasi Humanise Islam di tengah Krisis Humanisme Universal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Ibrahim, T., dan Darsono, Penerapan Fiqih untuk MTs. Kelas VII, VIII dan IX, Solo: Tiga Serangkai Putra Mandiri, 2008.
Johnson, Elaine B., Contextual Teaching and Learning. terj.Ibnu Setiawan, Bandung: MLC, 2008.
Mas’ud, Abdurrahman, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik: Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Gama Media, 2007.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Raja Grafindo Press, 2007.
Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.
Nain, Ngainum, Menjadi Guru Inspiratif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009. Pasaribu, J.J. dan B. Simanjuntak, Proses Belajar dan Mengajar, Bandung: Tarsito,
1980.
Purwanto, M. Ngalim, Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.
Rahman, Fazlur, Avicenna‟s Psychology, London: Oxford University Press, 1959.
Riyanto, Yatim, Metodologi Penelitian Pendidikan , Surabaya: SIC, 2001 .
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan , Jakarta: Bina Aksara, 1987 . Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo,
2005.
Thalhah, M, dan Ahmad Mufid, Fiqih Ekologi: Menjaga Bumi Memahami Makna Kitab Suci, Yogyakarta: Total Media, 2008.
Uno, Hamzah B., Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Wibowo, Agus, Malpraktik Pendidikan , Yogyakarta: Genta Press, 2008 .
Winkle, W.S, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi, 2007 .
Zainuddin, M., Reformasi Pendidikan: Kritik Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Zuchdi, Darmiyati, Humanisasi Pendidikan menemukan kembali Pendidikan yang Manusiawi, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Published
2011-10-16
How to Cite
AFIFAH, Nurul. PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN FIQIH. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam (online), [S.l.], v. 16, n. 2, p. 265-282, oct. 2011. ISSN 2356-2420. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/179>. Date accessed: 20 oct. 2021.