Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Aspek Psikomotor

Authors

  • Dwi Nur Umi Rahmawati UIN Imam Bonjol Padang
  • Sri Wahyuni SD Islam Excellent Plus Kota Bukittinggi
  • Marhamah UIN Imam Bonjol Padang
  • Ratih Rahmawati IAIN Metro Lampung
  • Rendy Nugraha Frasandy UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.32332/gqv9y877

Abstract

Kajian tentang keterampilan kritis ditinjau dari psikomotorik masih sangat jarang. Fokus dan ruang lingkup pendidikan yang luas memberikan peluang untuk mencari efektivitas pola tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan berfikir kritis peserta didik ditinjau dari aspek psikomotorik dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan menggunakan model ekspositori. Prapenelitian yang dilaksanakan untuk menggali keterampilan berfikir kritis peserta didik menunjukkan hanya 45% dari peserta didik kelas lima Sekolah Dasar Negeri 09 Belakang Balok Bukittinggi yang berada pada interval nilai ketuntasan minimum. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimen. Menggunakan Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas lima, sampel dipilih melalui teknik total sampling yang  terdiri dari peserta didik kelas lima A dan lima B. Penelitian ini mempertimbangkan taraf signifikansi p < 0.05, berdasarkan hasil temuan diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,039 sehingga nilai sig. < 0,05 oleh karena itu  diterima dan  ditolak, yang artinya Keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan  Model Problem Based Learning (PBL) yang ditinjau dari aspek psikomotorik lebih baik dari pada Keterampilan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari aspek psikomotor dengan menggunakan Model Ekspositori.

Kata Kunci: Berpikir Kritis; Problem Based Learning; Aspek Psikomotorik

References

Airasian, P. W., Cruikshank, K., & Mayer, R. E. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Bloom. Pustaka Pelajar.

Beo Dey, W. F., & Magnus Rea, A. (2023). Kompetensi Digital Psikomotorik Siswa Sma Dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemik. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(4), 2489–2498. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i4.11630

Darmayanti, I., Fitri, R., Padang, N., Biologi, P., Hamka Air Tawar, J., & Barat, S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Aspek Kognitif dan Psikomotor. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 4(2), 18–25.

Djariyo, Ihtiya Kusuma Dewi, R. M. S. (2015). Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(2), 302–307. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v5i2.847

Dudung, A. (2018). Penilaian Psikomotor. Karima, 1–220.

Ennis, R. H. (2011). Critical Thinking: Reflection and Perspective Part II. Inquiry: Critical Thinking across the Disciplines.

Fakhrurrozi, H. (2018). Standar Penilaian Aspek Psikomotorik Pendidikan Agama Islam Hatta F akhrurrozi Pendahuluan. Jurnal Pedagogia, 7, 155–170.

Firmansyah, F., & Putro, K. Z. (2020). Model Strategi Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran IPS MI/SD. Universal Journal of Educational Research, 01.

Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1547–1554.

Karima, M. K. (2018). Permasalah Pembelajaran IPS dan Strategi Jitu Pemecahannya.

Lardika, R. A., Beltasar Tarigan, Hamidie Ronald Daniel Ray, & Yunyun Yudiana. (2023). Keterpelajaran Gerak: Korelasi Keterampilan Psikomotorik dengan Cognitive Function Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 892–904. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5258

Magdalena, I. (2020). Evaluasi Pembelajaran SD: Teori dan Praktik. CV Jejak.

Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif Siswa Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489

Prastowo, A. (2016). Implikasi Kinerja Otak Terhadap Pembelajaran Psikomotorik Di Sd/Mi. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 195–212.

Putri, M. D., Witarsa, R., & Daulay, M. I. (2023). Peningkatan Keterampilan Psikomotorik melalui PBL di SD. Journal of Education Research, 4(1), 325–332. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.163

Riduwan. (2020). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta.

Rithaudin, A., & Sari, I. P. T. P. (2019). Analisis pembelajaran aspek kognitif materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sma/smk di daerah istimewa yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25490

Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602

Sudrajat, A., & Budiarti, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Project Based Learning Kelas IV SDIT Al Kawaakib Jakarta Barat. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 105–109. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5441

Ulfa, T., & Munastiwi, E. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 50–54. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.576

Ulfah, & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1–9.

Downloads

Published

2025-02-25