DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PENANAMAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI
Keywords:
desain pembelajaran, bahasa Arab, karakter, AUDAbstract
Anak usia dini merupakan masa terpenting bagi perkembangan, sehingga anak usia dini sedang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat baik fisik maupun mental. perkembangan otak sebagai pusat kecerdasaan terjadi sangat cepat karena perkembangan otak pada anak usia dini telah mencapai 80 prosen dari orang dewasa sehingga masa itu disebut sebagai golden age. Sehingga pendidik harus memperhatikan karakteristik anak didik agar rancangan pembelajarannya sesuai dengan aspek perkembangan anak. salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan adalah bahasa. Bahasa mempunyai peran penting dalam perkembangan anak dengan menggunakan bahasa anak akan berkembang menjadi manusia dewasa yang dapat bersosialisasi dengan orang-orang yang berada dilingkungannya. Setelah bahasa pertama atau bahasa ibu sudah matang matang, maka anak usia dini dapat belajar bahasa kedua. Dengan kondisi inilah kemudian menjadi dasar pemikiran mengapa pembelajaran bahasa Arab sebaiknya sudah mulai diajarkan pada anak usia dini dengan tidak melupakan penanaman nilai karakter didalamnya. Dengan cara mendesain pengembangan pembelajaran bahasa meliputi analisis kebutuhan, bentuk tujuan, desain silabus, metodologi, tes dan evaluasi. lalu mendesain pembelajaran bahasa berbasis penanaman karakter anak usia dini dengan kegiatan bermain, bernyanyi, mendongeng atau bercerita, menggambar dan pola tanda.
References
Gagne, Robet & M. Leslie J. Briggs. 1979. Principles Of Intuctional Design, Second Edition( New York : Holt And Wiston)
Hamdi, Abdul dkk. 2008. Pembelajaran bahasa arab : pendekatan, metode, strategi, materi dan media.(Malang: UIN MalangPress)
Hartati, Sofia. 2007. How To Be a Good Teacher and To Be a Good Mother. (Jakarta: Enno Media)
Keraf, Gorys. Diksi dan Gaya Bahasa. (Jakarta:Gramedia)
Nation , I.S.P. and John Macalister. 2010. Language Curriculum Design ( New York ; Routledge)
Nunan, David. Language Teaching Methodology. (New York: Prentice Hall)
Nur’aini, Faida. 2011. Membentuk karakter anak dengan mendongeng. (solo: indeparent)
Pusat kurikulum departemen pendidikan nasional. 2010. Bahan pelatihan penguatan pembelajaran berdasarkan nilai nili-nilai budaya dan karakter bangsa.
Ricard, Jack C. 2001. Curriculum Development in Language Teaching, (New York, Cambridge University Press)
-------------------. 1990. The Language Teaching Matrix ( New York, Cambridge University Press)
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini; Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. ( Jakarta: Kencana Prenada Media Group)
Tomlinson, Brian. 2003. Developing Materials For Language Teaching (London,Cromwell Press)
Vacca, Jo Anne L.Richard T Vacca & Marry K. Gove. 1987. Reading and learning to read. (Boston:Little Brown & Company)
Zubaidi. 2011. Desain pendidikan karakter : konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. ( jakarta: kencasana)