Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik

Authors

  • Yunita Wildaniati Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Anang Santoso Universitas Negeri Malang
  • Radeni Sukma Indra Dewi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v10i1.9015

Abstract

Pembelajaran matematika di madrasah ibtidaiyah memegang peranan penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan adaptif peserta didik. Namun, aspek tersebut seringkali dihadapkan pada kendala rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap peserta didik terhadap matematika di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Lampung Timur. Metode pre-eksperimental dengan desain pretest-posttest pada satu kelompok tanpa kelompok kontrol dipilih untuk mengukur perubahan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik setelah penerapan pembelajaran berbasis masalah, ditandai dengan peningkatan rata-rata skor dari pretest ke posttest. Selain itu, peserta didik juga menunjukkan sikap positif dan kepercayaan diri yang lebih tinggi terhadap matematika.

Kata Kunci:  Matematika Madrasah Ibtidaiyah; Pemecahan Masalah

Published

2024-06-24

Most read articles by the same author(s)