Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik

Authors

  • Yunita Wildaniati Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Anang Santoso Universitas Negeri Malang
  • Radeni Sukma Indra Dewi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v10i1.9015

Abstract

Pembelajaran matematika di madrasah ibtidaiyah memegang peranan penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan adaptif peserta didik. Namun, aspek tersebut seringkali dihadapkan pada kendala rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan sikap peserta didik terhadap matematika di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Lampung Timur. Metode pre-eksperimental dengan desain pretest-posttest pada satu kelompok tanpa kelompok kontrol dipilih untuk mengukur perubahan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik setelah penerapan pembelajaran berbasis masalah, ditandai dengan peningkatan rata-rata skor dari pretest ke posttest. Selain itu, peserta didik juga menunjukkan sikap positif dan kepercayaan diri yang lebih tinggi terhadap matematika.

Kata Kunci:  Matematika Madrasah Ibtidaiyah; Pemecahan Masalah

References

Ahdhianto, E., Marsigit, Haryanto, & Nurfauzi, Y. (2020). Improving Fifth-Grade Students’ Mathematical Problem-Solving and Critical Thinking Skills Using Problem-Based Learning. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 2012–2021. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080539
Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematik Peserta didik SMP dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 323–332. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.112
Armiati, A. (2018). Mengembangkan Higher Order of Thinking Skill Melalui Pembelajaran Matematika pada Peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal LEMMA, 4(2), 7–19. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i2.2729
Brahim, R., Huda, N., & Anggraeni, E. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Self Condence Peserta didik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1178–1187. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/6737
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Husna, H., & Burais, F. F. (2019). Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik Berdasarkan Level Peserta didik. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(1), 82. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i1.97
Indrawati, Fiqi Annisa, & Wardono. (2019). Pengaruh self efficacy Terhadap kemampuan literasi matematika dan pembentukan kemampuan 4C. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29307
Julita. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Melalui Probelem Based Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 143–154. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/484
Khafidatul, M. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Model Treffinger di SMA N 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 122–129. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/11448
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265
Nasution, A. P. A., Susilawati, E., & Wahyudi, M. D. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Pokok Bahasan Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Di Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Pura. Serunai Matematika, 14(2), 64–71. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jf/article/view/694
Nuha, N. T., Putri, S. A., Azzunkha, P. L., & Susilo, B. E. (2024). Kajian Teori : Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 324–327. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/2969
Nurlaily, V. A., Soegiyanto, H., & Usodo, B. (2019). Elementary School Teacher ’ S Obstacles In The Implementation Of Problem-Based Learning Model In. 10(2), 229–238. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/5386
Rahmah, N. dan Safitri, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Menggunakan Model Problem Based Learning. Elementary, 9(2), 26–33. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/7542
Rahmi, A., & Suparman. (2019). Mathematical Module Based On CTL Approach To Increase Learning Motivation and 4C Skills. International Journal off Scientific and Technology Research, 8(12), 1303–1309.
Rahmi, N., Arnawa, I. M., & Yerizon, Y. (2019). Preparation development of learning device problem based learning model with scientific approach to improve mathematical problem solving ability. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8), 522–529.
Rangkuti, R. A. W. (2020). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik. Al-Khawarizmi:Pendidikan Matematika, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.133
Riyani, P., & Hadi, M. S. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(1), 16–27. https://doi.org/10.21009/jrpms.071.02
Santika, I., Parwati, N. N., Divayana, D., Kunci, K., Pemecahan, K., Matematika, M. ;, Pembelajaran, M., Masalah, B., Prestasi, ;, & Matematika, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Kelas X SMA. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 105–117. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/3397
Saputri, R. A., Rahmawati, P., Mardiana, T., & Sumardi. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media Stick Multiplication. Jurnal Persada, VI(3), 241–248. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/view/2343
Simatupang, R., Napitupulu, E., & Asmin, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Peserta didik Pada Pembelajaran Problem Based Learning. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 29–39. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22944
Sopiany, H. N., & Rahayu, W. (2019). Analisis Miskonsepsi Peserta didik Ditinjau Dari Teori Kontruktivisme Pada Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 185–200. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6773.185-200
Suhartono. (2018). Mengajarkan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 215–227. https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/INT/article/view/671
Sulistyawati, E. (2020). Keefektifan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal ditinjau dari prestasi, minat belajar, dan apresiasi terhadap matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(1), 27–42. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1421
Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS, 2(1), 86–93. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/577
Syaiful, Muslim, Huda, N., Mukminin, A., & Habibi, A. (2019). Communication skills and mathematical problem solving ability among junior high schools students through problem-based learning. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(11), 1048–1060.
Wildaniati, Y. (2019). Developing Problem-based Mathematics Teaching Materials to Facilitate Problem-Solving Ability Achievement. Elementary, 5(1), 27–37. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/1247
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103
Yanti Ginanjar, A. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. www.jurnal.uniga.ac.id
Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452

Published

2024-06-24