Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning

Authors

  • Nur Rahmah Universitas Tadulako
  • Sindi Safitri Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.7542

Abstract

Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu ciri pembelajaran abad ke-21. Konsep-konsep tersebut menjadi rintisan dalam menyelesaikan sebuah persoalan pembelajaran yang dihadirkan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V  SDN 1 Talise dengan menggunakan model problem based learning. Jenis penelitian ini, yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 23 orang. Hasil awal pratindakan diperoleh dari hasil ketuntasan belajar siswa rata-rata sebesar 26,08%, siklus I meningkat menjadi 60,86% dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 82,60% dengan kategori sangat baik. Hasil observasi  aktivitas guru pada siklus I sebesar  73,33% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 90% dengan kategori baik sekali. Hasil observasi  aktivitas siswa pada siklus I sebesar 67,85% dengan kategori baik dan terdapat peningkatan pada siklus II sebesar 83,92% dengan kategori baik sekali. Peningkatan pada kemampuan berpikir kritis tidak terlepas dari penggunaan model pembelajaran yang digunakan. Penerapan model pembelajaran ini dapat membantu siswa untuk belajar melalui permasalahan nyata yang disajikan guru dengan orientasi masalah yang bersifat kontekstual. Permasalahan yang berkaitan dengan kontekstual dapat menstimulus kemampuan berpikir kritis untuk memecahkan masalah yang ada.

Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Alam, Keterampilan Abad 21, Keterampilan Berpikir Kritis

References

Andersen T, Watkins K. The Value of Peer Mentorship as an Educational Strategy in Nursing. J Nurs Educ. 2018 Apr 1;57(4):217-224. doi: 10.3928/01484834 20180322-05. PMID: 29614190.
Aji, S. B., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Problem Base Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2734–2740. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.801
Devi, K. S. T., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 26(2), 233. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36079
Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044
Facione, P. A., & Llc, M. R. (2010). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Critical Thinking. University of Alabama at Birmingham.
Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 155. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.31523
Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Metodik Didaktik, 13(2), 106-112. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9500.
Negara, I. P. A. S., Kristiantari, M. G. R., & Saputra, K. A. (2021). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 403–413. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.38185
Neneng Eliana. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA Berorientasi HOTS. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 170–180. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.18675
Nurdin, Syafruddin. (2016). Guru Profesional dan Pebelitia Tindakan Kelas. Jurnal Educative: Journal of education Studies, 1(1), 1-12. https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/educative/article/view/ 118
Oh, E. (2019). Research on the Effective of Peer Instruction and Students’ Involvement. Asia-Pacific of Multimedia Services Convergent with Art Humanities, and Sociology, 9, 199–208. https://doi.org/10.35873/ajmahs.
Putri, A. A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(1), 53-64. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i1.14621.
Ratnawati, Dewi, Isnaini Handayani, dan Winda Hadi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Question Card terhadao Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 44-51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683.
Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Kalkulus. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 279. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947
Suriati, A., Sundaygara, C., & Kurniawati, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X SMA Islam Kepanjen. Rainstek Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 3(3), 176–185. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6053
Syadiah, A. N., & Hamdu, G. (2020). Analisis Rasch untuk Soal Tes Berpikir Kritis pada Pembelajaran STEM di Sekolah Dasar. Jurnal Premier Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 138-148. http://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6524
Wahyuni, N. L. P. W., Wibawa, I. M. C., & Renda, N. T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Asesmen Kinerja terhadap Keterampilan Proses Sains. International Journal of Elementary Education, 2(3), 202. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15959

Published

2023-12-30