Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Lampung Timur
DOI:
https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.6465Abstract
Abstrak
Hasil belajar peserta didik merupakan salah satu indikator tercapainya tujuan dalam pembelajaran. Hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan model regresi logistik dengan motivasi belajar sebagai variabel independen dan hasil belajar matematika sebagai variabel dependen yang terklasifikasi berdasarkan skala Likert 1 (sangat kurang baik), 2 (kurang baik), 3 (cukup baik), 4 (baik), dan 5 (sangat baik). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Penyebaran angket pada penelitian ini dilakukan kepada 73 peserta didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Lampung Timur dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian didapatkan tiga model matematik pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik yang menunjukkan bahwa motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar peserta didik dengan nilai kontribusi 30,5%. Penelitian ini memberikan implikasi penting tentang perhatian guru pada motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar.
Kata Kunci: Hasil Belajar Peserta Didik, Motivasi Belajar Peserta Didik, Regeresi Logistik