Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Lampung Timur
DOI:
https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.6465Abstract
Abstrak
Hasil belajar peserta didik merupakan salah satu indikator tercapainya tujuan dalam pembelajaran. Hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan model regresi logistik dengan motivasi belajar sebagai variabel independen dan hasil belajar matematika sebagai variabel dependen yang terklasifikasi berdasarkan skala Likert 1 (sangat kurang baik), 2 (kurang baik), 3 (cukup baik), 4 (baik), dan 5 (sangat baik). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Penyebaran angket pada penelitian ini dilakukan kepada 73 peserta didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Lampung Timur dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian didapatkan tiga model matematik pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik yang menunjukkan bahwa motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar peserta didik dengan nilai kontribusi 30,5%. Penelitian ini memberikan implikasi penting tentang perhatian guru pada motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar.
Kata Kunci: Hasil Belajar Peserta Didik, Motivasi Belajar Peserta Didik, Regeresi Logistik
References
Amalia, Laely Rizki, Tri Saptuti Susiani, dan Moh Salimi. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022. Kalam Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(3), 659-667. https://shorturl.at/fhIQ9
Darmayanti, N. W. S., I. K. M. Wisnu Budi Wijaya, dan Haifaturrahmah (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Bidang Studi IPA Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Praktikum Berorientasikan Lingkungan Sekitar Rumah. Jurnal Elementary, 4(2), 139–143. https://shorturl.at/JOPQ6
Fakhri, M. Miftach, Della Fadhilatunisa, Rosidah, Muhammad Fajar B, Muh. Alham Satnur, dan Farid Fajrin. (2022). Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 157–169. https://doi.org/10.26858/cer.v5i2.32724
Febrianti, N. R., Azis, A., dan Idawati. (2019). Minat dan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Mahasiswa Asing Alekawa Language and Culture Center. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hafidz, Alifudin Abdul. (2019). Pengaruh Jenis Kelamin terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2:), 69–72. https://shorturl.at/adqST
Harefa, Ferina dan Sadiana Lase. (2023). Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Nilai Matematika Siswa. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 17(2), 838–855. https://shorturl.at/GJOY8
Kamaluddin, Muhammad. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Strategi untuk Meningkatnya. Prosiding Seminar Matermatika dan pendidikan Matematika, 02(01), 455–460. https://shorturl.at/aemqu
Musyaropah, Ulfah, Nurhayati Adiratna Kusuma, Asti Iryanti Putri, Widiarti, Yayi Tresnatri, dan Ahmad Muhammad Diponegoro. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Konsep Diri Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 19(1), 351-363. https://shorturl.at/dqMQZ
MZ, Amir Zubaidah dan Ramon Muhandaz. (2019). Profil Kesulitan Belajar Matematika dan Self efficacy Matematis Siswa Sekolah Menengah di Riau. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 141. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8254
Novalinda, Eri, Sri Kantun, dan Joko Widodo. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan EkonomI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(2), 115–119. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6456
Novianti, Chatirina, Berty Sadipun, dan John M Balan. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Prastika, Yolanda Dwi. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17–22. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519
Siswanto. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 24–39.
Syachtiyani, Wulan Rahayu dan Novi Trisnawati. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Thoyyibah, Rifqoh, Sri Harini, Turmudi, Elly Susanti, Erni Anggraini, Muhammad Irfan Afandi, dan Nuri Fatihatul Fariha. (2023). Pengujian Model Regresi Logistik Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, dan Minat terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Mathematics Education, 4(1), 1–10. https://shorturl.at/acev8
Winata, Rahma dan Rizki Nurhana Friantini. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuala Behe. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(2), 85. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3663