Strategi Guru Kelas Tinggi Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Disiplin Siswa melalui Manajemen Kelas

Authors

  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi
  • Issaura Sherly Pamela Universitas Jambi
  • Eka Purwati
  • Erni Ismaini Universitas Jambi

Keywords:

Manajemen Kelas, Pembelajaran Tematik, Kelas Tinggi Sekolah Dasar.

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan tentang manajemen kelas tinggi di Sekolah Dasar dalam implementasi pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian adalah guru kelas tinggi sekolah dasar negeri 76/IX Mendalo, Muaro Jambi sebanyak 3 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian berupa teks tentang manajemen kelas dalam pembelajaran tematik sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan guru kelas tinggi SD Negeri 76/IX Mendalo, Muaro Jambi memiliki kemampuan manajemen kelas dengan katagori baik. Pembelajaran tematik diimplementasikan melalui manajemen kelas yang baik. Tiga komponen manajemen kelas terpenuhi, yaitu: manajemen fisik, sosio-emosional, dan organsasional. Kesimpulan penelitian adalah dalam implementasi pembelajaran tematik hal yang perlu diperhatikan adalah manajemen kelas. Guru kelas tinggi SD Negeri 76/IX Mendalo, Muaro Jambi memperhatikan manajemen kelas dalam implementasi pembelajaran tematik.

Author Biographies

  • Yantoro Yantoro, Universitas Jambi

     

  • Issaura Sherly Pamela, Universitas Jambi

     

  • Eka Purwati

     

  • Erni Ismaini, Universitas Jambi

     

Downloads

Published

2020-06-14

Most read articles by the same author(s)