Strategi Guru Kelas Tinggi Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Disiplin Siswa melalui Manajemen Kelas
Keywords:
Manajemen Kelas, Pembelajaran Tematik, Kelas Tinggi Sekolah Dasar.Abstract
Tujuan penelitian mendeskripsikan tentang manajemen kelas tinggi di Sekolah Dasar dalam implementasi pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian adalah guru kelas tinggi sekolah dasar negeri 76/IX Mendalo, Muaro Jambi sebanyak 3 orang. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian berupa teks tentang manajemen kelas dalam pembelajaran tematik sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan guru kelas tinggi SD Negeri 76/IX Mendalo, Muaro Jambi memiliki kemampuan manajemen kelas dengan katagori baik. Pembelajaran tematik diimplementasikan melalui manajemen kelas yang baik. Tiga komponen manajemen kelas terpenuhi, yaitu: manajemen fisik, sosio-emosional, dan organsasional. Kesimpulan penelitian adalah dalam implementasi pembelajaran tematik hal yang perlu diperhatikan adalah manajemen kelas. Guru kelas tinggi SD Negeri 76/IX Mendalo, Muaro Jambi memperhatikan manajemen kelas dalam implementasi pembelajaran tematik.
References
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: GP Press
Judiani,S. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(9), 280-289.
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).
Narwanti S.2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.
Putra, E. A., Djuwita, P., & Juarsa, O. (2019). Keterampilan Guru Mengelola Kelas pada Proses Pembelajaran untuk Menumbuhkan Sikap Disiplin Belajar Peserta didik (Studi Deskriptif Kelas IVB SD Negeri 01 Kota Bengkulu). Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 35-46.
Rahmawati, P. 2015. Pengembangan Buku Kendali Kedisiplinan Tata Tertib Siswa SD Negeri Triharjo Sleman. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rismayanthi, C. (2011). Optimalisasi Pembentukan Karakter dan Kedisiplinan Peserta didik Sekolah Dasar melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1).
Rofiq, A. (2009). Pengelolaan kelas. Malang:Direktorat Jendral PMPTK.
Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Peserta didik di Sekolah/Madrasah. Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 4(1).
Sudarsana, I. K. (2016). Membentuk Karakter Peserta didik Sekolah Dasar melalui Pendidikan Alam Terbuka. Prosiding Nasional.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
TIM Dosen Administrasi Pendidikan.2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Umar. 2008. Strategi Manajemen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wiyani N.A. 2013. Manajemen Kelas “Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif”. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2).
Yuliani, P. (2014). Pengaruh fasilitas belajar, pengelolaan kelas, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi melalui motivasi belajar peserta didik Kelas XI MA AL-Asror Kota Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(1).