ANALISIS PERAN KEAGAMAAN TERHADAP PROSES PENDIDIKAN KURSUS BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS DI KAMPUNG INGGRIS PARE KEDIRI JAWA TIMUR)

Authors

  • Muhamad Abdul Aziz Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32332/akademika.v22i2.816

Keywords:

Religious, Language Education, Kampung Inggris

Abstract

Abstrak

Pare merupakan salah satu daerah koordinator kecamatan di Kabupaten Kediri. Pare termasuk daerah yang telah berkembang  secara pesat, dan dikenal sebagai Kampung Bahasa, atau Pusat Pelatihan Bahasa Asing terbesar diIndonesia. Paper ini adalah kajian yang berbasis penelitian lapangan (field research) Paper ini bertujuan untuk mengetahui peranan keagamaan didalam pendidikan kursusan berbasis bahasa pada siswa di Kampung Inggris. Penelitian ini sangat menarik karena Pendidikan kursus berbasis bahasa dikaji dalam hubungan nya dengan ke agamaan, dimana peserta didik sebagai objek sentralnya. Selanjutnya, penelitian ini adalah jenis penelitian deskripstif kualitatif yang dilakukan selama 3 bulan pada tanggal 1 Juni 2015. Populasi dari penelitian ini adalah semua kursus lembaga yang ada di kampung Inggris Pare Kediri. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada paper ini terdapat tiga persoalan yang hendak di kaji pertama, sejauh mana proses belajar agama di Kampung Inggris setelah banyaknya warga pendatang?Kedua, sejauh mana proses belajar agama dikawasan yang wajib berbahasa Inggris? Ketiga, sejauh mana peranan lingkungan Kampung Inggris terhadap proses belajar agama di kampung Inggrs? Maka dihasilkan beberapa hal, yaitu pertama, mengetahui sejauh mana proses belajar agama di Kampung Inggris setelah banyaknya warga pendatang. Kedua, mengetahui sejauh mana proses belajar agama dikawasan yang wajib berbahasa Inggris, ketiga mengetahui peranan lingkungan Kampung Inggris terhadap proses belajar agama di kampung Inggris.

 

Kata Kunci : Keagamaan, Pendidikan Bahasa, dan Kampung Inggris.

 

Abstract

Pare is one area in Kediri district coordinators. Pare including areas that had been growing rapidly, and is known as Kampung Language, Foreign Language Training Center or the largest companies . This paper is based on field research study (field research) This paper is based on field research study (field research) This paper aims to determine the role of religion in education kursusan language based on the student at Kampung Inggris. This research is very interesting because of the language -based education courses examined in its relations with all religious, where the learner as the central object. Furthermore, this study is the kind of qualitative research conducted deskripstif for 3 months on June 1, 2015. The population of this research is all of course agencies in the village Pare. Data were obtained through interviews, observation and documentation. In this paper, there are three issues to be investigated The first, the extent to which the process of religious learning in Kampung Inggris  after the immigrant population?  Secondly, how far has the area of religious study is required to speak English? Third, the extent to which the role of the British village environment to the learning process in the village Inggrs religion? Then produced a couple of things: first, determine the extent of religious learning process in Kampung Inggriss  after the immigrant population. Second, determine the extent of religious learning process that must speak English region, three British Kampung know the role of the environment on the process of religious learning in the British village. Keywords: Religious, Language Education, and Kampung Inggris. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

al-Nahlawi Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat Jakarta: Gema Insan Press, 1995.
Al-Qardhawy Yusuf, Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna Jakarta:Bulan Bintang, 1980.
Arifin, Hubungan Timbal Balik Dengan Pendidikan Agama Islam Jakarta: Bulan Bintang, 1987.
D. Marimba Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Agama Islam Bandung: PT. Ma’rifat, 1974.
Departeman Pendidikan dan Kebudayaan, Bimbingan dan Penyuluhan Jakarta: Gaya Tunggal, 1980.
Dermawan Andy, dkk, Metodologi Ilmu Dakwah Yogyakarta: LESFI, 2002.
Djiwandono Sri Esti Wuryani, Psikologi Pendidikan Jakarta: Gramedia Widiasarana, 2002.
H. A. Rusdian & Yaya Suryana, Pendidikan Multikultural, Bandung :CV Pustaka Setia, 2015.
Hamalik Oemar, Proses Belajar Mengajar Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.
Hasbi Lawrens,Burhani MS, Kamus Ilmiah Populer Jombang: Lintas Media, 2001.
Hassan Shadily, John M. Echols, Kamus Inggris Indonesia Jakarta: PT. Gramedia, 2010.
M Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Bumi Aksara, 1989.
Munawwir A.W., Kamus Munawwir Arab-Indonesia Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.
Nasution Harun, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya I Jakarta: UI Press, 1979.
Rosyadi Khoiron, pendidikan profetik Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Sabri Ahmad, Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, Padang: Quantum Teaching, 2007.
Slamet, Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rajawali Pers, 1997.
SM Ismail, dkk, Paradigma Pendidikan Islam Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.
Tafsir Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Persepektif Islam Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994.
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Agama Islam Jakarta: Rajawali Pers, 2005.
Uhdiyati Nur, Pengantar Ilmu Pendidikan Islam Bandung: Pustaka Setia, 1997.
Undang Undang RI No 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Absolut, 2003.
Usman Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.

Published

2017-12-05