RANCANG BANGUN FILSAFAT ILMU KEISLAMAN PTAI RISET BERBASIS PESANTREN

Authors

  • Muhammad Husni Institut Agama Islam Al Qolam Gondanglegi Malang

Keywords:

Filsafat Ilmu Keislaman, PTAI Riset, Pesantren, Islamic Science Philosophy, Research of Islamic Colleges, Islamic Boarding School

Abstract

Tulisan ini berbicara tentang rancang bangun filsafat ilmu keislaman yang perlu dikembangkan oleh PTAI berbasis pesantren yang semakin hari semakin banyak jumlahnya. Ide pokoknya adalah pengakuran dan penjalinan hubungan kerjasama antara tradisi pesantren dan tradisi PTAI dengan riset sebagai jantung atau basis akademiknya. Dengan rancang bangun filsafat ilmu keislaman yang berparadigma integrasi-interkoneksi tersebut, PTAI riset berbasis pesantren di satu sisi memang dituntut untuk merekonstruksi ulang secara mendasar bangunan keilmuan, sistem akademik, dan manajemen kelembagaannya. Namun, di sisi yang lain, hal itu merupakan langkah strategis yang tidak bisa ditawar-tawar lagi jika ingin merevitalisasi peran fungsional PTAI riset berbasis pesantren, meliputi visi, profil lulusan, sistem akademik, dan sebagainya. Sudah barang tentu, semuanya harus dirumuskan secara lebih mendetail dalam suatu naskah akademik yang melibatkan secara aktif stakeholders institusi yang terkait dan pesantren secara integratif-interkonektif sebagai pusat transformasi ilmu pengetahuan dan agen transformasi sosiAl budaya bagi kehidupan masyarakat dewasa ini dan di masa depan.

This article discusses about the design of Islamic science philosophy that is needed to be developed by Islamic Colleges (PTAI) with Islamic Boarding School (pesantren) base which is increasingly numerous. Its main idea is the measuring and building the relation of cooperation between the Islamic Boarding School and Islamic Colleges tradition with the research as the academic base. By designing Islamic science philosophy with integrated interconnection paradigm, in one hand, the Islamic Boarding School base research of Islamic Colleges is claimed to reconstruct fundamentally the scientific knowledge building, academic system, and its institution management. In another hand, this case is the strategic action that cannot be negotiable to revitalize the functional role of Islamic Boarding School base research of Islamic Colleges, included vision, graduate profile, academic system, etc. Surely, everything must be formulated accurately in an academic manuscript  which involves the institution stakeholders actively and Islamic Boarding School by means of integrated-interconnectivity as the center of science transformation and the agent of social-culture for the nowadays and future society life.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-10-16