HAKEKAT PENCIPTAAN MANUSIA DAN PENGEMBANGAN DIMENSI KEMANUSIAN SERTA URGENSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN DAN KELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM PRESPEKTIF AL-QURAN

Authors

  • Ida Umami Institut Agama Islam Negeri Metro

Keywords:

Manusia, lingkungan, dimensi manusia, Human being, environment, human dimension

Abstract

Allah menciptakan manusia antara lain adalah sebagai khalifah di muka bumi. Berkaitan dengan konsep ini, maka manusia berkewajiban memelihara dan melestarikan lingkungan. Namun, tidak jarang manusia malah merusaka alam dan lingkungan. Hal ini tentunya bertentangan dengan tugas dan fusngsinya sebagai khalifah. Tulisan ini mengeksplorasi hakikat penciptaan mausa dan urgensinya dalam pelestarian lingkungan. Kajian dalam tulisan ini mengacu pada perspektif al-Quran. Berdasarkan kajian yang penulis lakukan dapat didapat kesimpulan bahwa hakekat penciptaan manusia tidak dapat dipisahkan dari alam semesta dan lingkungannya. Salah satu tugas penting yang diamanahkan kepada manusia adalah tugasnya sebagai khalfatullah di muka bumi. Prinsip amanat yang dibebankan kepada manusia sebagai khalifah di muka bumi menghendaki adanya cobaan, ujian dan medan pergulatan antara kebajikan dan keburukan. Manusia diciptakan untuk mengarungi kehidupan dan melaksanakan tugas kekhalifahannya terkait dengan pelestarian alam semesta baik bagi manusia maupun lingkungannya baik di laut, di darat maupun di udara. Manusia di lahirkan ke dunia dibekali dengan kemampuan/ daya cipta, rasa, karsa karya dan daya taqwa. Dalam kaitannya dengan lingkungan, daya tersebut merupakan  fungsi eksekutif dalam jiwa manusia. Daya disebut  akan mendorong timbulnya pelaksanaan doktrin serta ajaran agama dalam mengemban tugas kekhalifahan dan khususnya dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawab terhadap pelestarian lingkungan alam semesta.
 

The essence of human creation cannot be separated from the universe and its environment. One of the important tasks entrusted to human beings is their duty as khalfatullah on the earth. The principle of the duties assigned to humans as vicegerent on earth leads for hurdle, temptation and struggles between virtues and evils. Humans were created to live and carry out duties related to the preservation the nature of universe for both humans and the environment such as the sea, the land and the air. It has been stressed by Allah in the Quran that the damage in the land and sea was actually caused by human hands. In this context as an-Nas and Bani Adam, to describe the universal values that exist in every human being regardless of background differences in gender, race and ethnicity or their respective faiths, human being born into the world equipped with the ability/ creativity, feeling, creation and faith. Related to the environment, those values are the most executive function in the human soul. It also will encourage the implementation of the doctrine and dogma in the duties as a khalifah and mostly in the duties implementation and responsibilities toward the environment of the universe.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2001 Cartelli, Antonio, In The Knowledge Society, London: Infosci, 2006.
Crompton, Tom, Meting Environmental Challenges: The Role of Human Identity. UK: WWF, 2009
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya; Jakarta, 2000 Ellis, Henry. C, Fundamentals of Human Learning, Memory, and Cognition, USA: Wm. C.
Brown Company Publishers, 1978
Jickling, Bob, Environmental Education, Ethics & Action, Kenya: UNEP, 2006 Kimaryo, Lydia A., Integrating Environtmental Education in Primary School Education.
Findland: Abo Akademi University Press, 2011
Muthahhari, Murtadha, Manusia Seutuhnya; Studi Kritis Berbagai Pandangan Filosofis, Bangil: YAPI, 1994
Nasution, Harun, Konsep Manusia Menurut Ajaran Islam, Jakarta: Lembaga Penerbitan IAIN Syarif hidayatullah, 1981
Prayitno, Konseling Pancawaskita; Kerangka Konseling Elektrik, Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Padang, 1998
Reinberga, Baiba, Rural Environtment, Education, Personality. Latvia :LUA, 2013 Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan
Masyarakat, Bandung: Mizan, 1998
Syati, Aisyah Binti, Pengembangan Akhlak Manusia, Jakarta: Radja Grafindo Persada, 1999
Widjaja, H.A.W, Penegakan Hak-hak Asasi Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Downloads

Published

2014-10-22