PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN FIQIH

Authors

  • Nurul Afifah Institut Agama Islam Negeri Metro

Keywords:

Humanistik, materi fiqih, pembelajaran, Humanistic, fiqh material, learning

Abstract

Penelitian  ini  mengangkat  permasalahan  pembelajaran  fiqih  MTs., yang

dalam implementasinya lebih menekankan aspek kemampuan kognitif, kurang mengakomodasikan aspek psikomotorik dan afektif. Hal ini mengindikasikan bahwa pendekatan yang lebih humanistik menurut penulis kiranya dapat menjadi tawaran solusi terhadap permasalahan tersebut di atas. Obyek penelitian ini, lebih difokuskan kepada materi kurikulum fiqih berupa Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar berdasarkan Permenag RI Nomor 2 Tahun 2008. Sehingga rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah pendekatan humanistik dalam kurikulum (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) mata pelajaran fiqih MTs. Dan menawarkan bagaimanakah impelementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini adalah studi pustaka, karena sumber data yang digunakan seutuhnya berasal dari perpustakaan atau dokumentatif. Sementara pendekatan penelitian yang penulis pakai adalah  dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Proses analisis data dalam penelitian ini dengan hermeneutika. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa materi kurikulum fiqih MTs. yang ada agar lebih mencerminkan kebutuhan siswa, perlu dimasukkan keseimbangan materi yang mencerminkan prinsip-prinsip pendidikan yang humanistik. Dalam penelitian ini juga penulis menawarkan konsep pembelajaran fiqih dengan menggunakan pendekatan humanistik.

This study discusses the issue of learning fiqh MTs which it is implementation emphasizes the aspects of cognitive abilities, less accommodating the psychomotor and affective aspects. This indicates that a more humanistic approach according to the author would be able to offer a solution to the problems mentioned above. The object of this study, more focused more on fiqh curriculum in the form of Competence Standard and Basic Competence based Permenag No. 2 of 2008. So the formulation of the problem of this research is how humanistic approach in the curriculum (Standards of Competence and Basic Competence) of fiqh subjects MTs. And offer how the impelementation of humanistic approach in learning fiqh at MTs. This study is library research, because the data sources are used entirely derived from the library or dokumentatif. While the research approach uses analytical descriptive approach. The process of analysis data with hermeneutics. whatever available the needs of students requirement, need to be incorporated material balance that reflects the principles of humanistic education. In this study the authors also offer the concept of learning fiqh using humanistic approach.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

16-10-2011