Optimalisasi Kemampuan Menulis Arab: Peningkatan Keterampilan Mengajar melalui Pelatihan Menulis Cepat bagi Pendidik PAUD Imtiyaz
DOI:
https://doi.org/10.32332/dedikasi:%20jurnal%20pengabdian%20masyarakat.v5i2.7600Keywords:
PAUD, Pelatihan menulis Arab, ABCD, PAR.Abstract
Artikel ini mengeksplorasi peningkatan kemampuan mengajar pengajar PAUD di sekolah Imtiyaz melalui pelatihan menulis huruf Arab dengan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (ABCD) dan Pendekatan Penelitian Tindakan Partisipatif (PAR). Metode pengumpulan data observasi dan wawancara dengan pengajar sebelum dan setelah pelatihan. Data dianalisis dengan menghitung persentase perubahan dalam variabel seperti kemampuan menulis huruf Arab, , serta keterlibatan dan metode pengajaran pengajar. Hasil temuan penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pengajar untuk menulis huruf Arab (peningkatan 50%) dan penggunaan materi pembelajaran yang lebih menarik (peningkatan 166.67%). Di sisi lain, meningkatkan keterlibatan pengajar dalam berinteraksi dengan siswa (peningkatan 250%) dan penggunaan metode pengajaran yang lebih interaktif (peningkatan 80%).
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.