Tathwîr Wasîlah at-Ta’lîm al-Bashariyyah al-Mutaharrikah al-Qâimah ‘alâ Android fî Tadrîs at-Tarkîb
DOI:
https://doi.org/10.32332/ijalt.v4i01.4670Keywords:
Audio-visual, Media, SuitableAbstract
The lack of learning media in the Arabic learning process makes it difficult for students to understand the material and feel bored and they think that learning Arabic is very difficult, especially in understanding material about tarkib or Arabic rules. With these problems, the researchers developed an android application-based tarkib learning media for 7th grade junior high school students, with the hope of facilitating student understanding and being effective in its use. The method used in this research is research and development. The result of this research is that the learning media is suitable for students to use as learning media and is effective in its use.
References
Andi Rustandi, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi Airlangga Tahun Ajaran 2020/2021, Vol.15 No.2 (2020), h. 12.
Andi Bahar dan Abdul Muin Sibuea, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Simulasi Animasi Pada Matakuliah Chasis Otomotif , Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 3, No. 2 (2016), h. 118.
Ahmad Sehri bin Punawan, ‘Metode Pengajaran Nahwu Dalam Pengajaran Bahasa Arab’, Hunafa, V0l 7, No (2010)., h. 50.
Ahmad Sehri bin Punawan, ‘Metode Pengajaran Nahwu Dalam Pengajaran Bahasa Arab’, Hunafa, V0l 7, No (2010)., h. 50.
Abdul Wahab Rosyidi, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN-Malang Press, 2009.
Ahmad Sehri, ‘Metode Pengajaran Nahwu Dalam Pengajaran Bahasa Arab’, HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 7.1 2010.
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Ani Widayati, ‘Penelitian Tindakan Kelas’, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6.1 (2014).
Ani Widayati, ‘Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87’, VI.1 (2008).
Arief S. Sadiman Dkk, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, Dan Manfaatnya, Jakarta: Rajawali Pers, 2012, Cet-Ke 16.
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011, Cet-Ke 14.
Bambang Hari Purnomo, ‘Metode Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)’, Pengembangan Pendidikan, 8.1 2011.
K Wardani, ‘Hakikat Penelitian Tindakan Kelas’, Penelitian Tindakan Kelas, 359 2010.
Lili Suryani, Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur’an Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab siswa kelas X MAN Godean Sleman Yogyakarta, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2009.
Mahmudah, ‘Pembelajaran Bahasa Arab Di MIN 13 Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11.1 (2018), 3.
Musfiqon, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2016, Cet-Ke 2.
Nandang Sarip Hidayat, ‘Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Oleh : Nandang Sarip Hidayat Pembelajaran Bahasa Arab’, 37.1 (2012), 82–87.
Nur Asiyah, ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Tulisan Arab Dengan Media Audio Visual ( Studi Tindakan Pada Siswa Kelas B Ra Muslimat Nu Girirejo Tegalrejo Magelang Tahun Ajaran 2010 / 2011 )’, 2011.
Observasi yang dilakukan di SMP IT Baitul Jannah Pada Tanggal 23 Februari 2021.
Ramadhanty Mashama Putri, Eko Risdianto, Nyoman Rohadi, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana,Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 2 No. 2, Agustus 2019, Hal. 114.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2012), Cet-Ke 15, h. 407.
Sri Mulyani, ‘Siswa Kelas I Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Terpadu, Program Pascasarjana’, 2009.
Tengku Zahara Dzafar, Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar, Jakarta: Balitbang Depdiknas, 2001.
Tejo Nurseto, ‘Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik’, Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8.1 (2012).
Zulhannan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, 1st edn, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.