Pengembangan Modul Digital Bergambar sebagai Bahan Ajar Materi Sistem Pencernaan

Penulis

  • Ajeng Nurul Fauziah IAIN Metro
  • Hifni Septina Carolina Tadris Biologi IAIN Metro ,

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i1.9134

Kata Kunci:

Modul Bergambar Digital, Bahan Ajar, Sistem Pencernaan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan modul bergambar digital pada materi sistem pencernaan sebagai bahan ajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Sekampung, dan untuk mengetahui dan menganalisis kelayakan modul bergambar digital dari segi materi, media, respon pendidik, dan respon peserta didik pada materi sistem pencernaan  sebagai bahan  ajar kelas XI SMA Negeri 2 Sekampung yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini berupa modul   bergambar   dalam   bentuk   digital yang telah divalidasi oleh para ahli. Hasil penilaian dari ahli materi diperoleh hasil sebesar 89% dan validasi ahli media diperoleh hasil sebesar 87% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji coba skala terbatas, hasil respon pendidik memperoleh hasil sebesar 86% dan respon peserta didik memperoleh hasil skor sebesar 86%.

Diterbitkan

2024-06-10

Cara Mengutip

Pengembangan Modul Digital Bergambar sebagai Bahan Ajar Materi Sistem Pencernaan. (2024). Al Jahiz, 5(1), 46-55. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i1.9134

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama