Penanaman Sikap Sosial dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Seputih Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v4i2.7567Keywords:
Sikap Sosial, Pembelajaran IPS, Peran GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru dan siswa dalam menanamkan sikap sosial pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Seputih Surabaya. Penanaman sikap sosial pada diri siswa harus dilakukan dengan pembiasaan serta dalam pembelajaran guru harus kreatif, inovatif dalam mendorong motivasi siswa untuk menanamkan nilai sikap sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu dua guru IPS dan enam siswa dan siswi kelas VIII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dicek dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penanaman sikap sosial dalam pembelajaran IPS pada kelas VIII di SMP Negeri 2 Seputih Surabaya sudah cukup baik, guru memberikan keteladanan, pembiasaan dan contoh yang baik, dengan dilakukan berbagai cara yaitu pada kegaiatan belajar mengajar menggunakan strategi pembelajaran secara berkelompok atau diskusi, mengaitkan materi pembelajaran dengan nilai-nilai sosial dalam kehidupan sehari-hari, memberikan nasehat, arahan, teguran, sanksi, dan memberikan contoh sebagai figure yang baik kepada peserta didik.