PERAN GURU IPS DALAM MENANAMKAN SIKAP DISIPLIN DI MTS RAUDLATUL HIDAYAH MA’ARIF NU 22 MENGANDUNG SARI LAMPUNG TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v3i2.6285Keywords:
Guru IPS Sikap DisiplinAbstract
Sikap disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya sesuai dengan tanggung jawabnya di lingkungan sekolah, sikap disiplin tersebut datang tepat waktu, patuh pada tata tertib, mengerjakan dan mengumpulkan tugas secara tepat waktu, dan penggunaan fasilitas dengan baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran guru IPS dalam menanamkan sikap disiplin di MTs Ma’arif Raudlatul Hidayah NU 22 Mengandung Sari, Lampung Timur. Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian fenomenologi (Phenomenological Research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, terakhir penarikan kesimpulan. Keabsahan data di lakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian peran guru IPS dalam menanamkan sikap disiplin di MTs Raudlatul Hidayah Ma’arif NU 22 Mengandung Sari Lampung Timur memiliki peran yaitu: (1) Sebagai motivator yaitu guru IPS selalu memberikan dorongan semangat serta pemberian nilai yang baik, (2) Sebagai inspirator yaitu guru IPS selalu menerapkan sikap dan perilaku yang baik, seperti contohnya tepat waktu, masuk kelas secara tepat waktu, bertutur kata yang baik, serta selalu menggunakan seragam sekolah dengan baik. (3) Sebagai pembimbing yaitu guru IPS berperan untuk selalu datang tepat waktu, memberikan bimbingan kepada peserta didik untuk selalu mentaati peraturan sekolah. Hal tersebut ditunjukkan peran guru IPS tehadap peserta didik dengan memberikan contoh perilaku yang positif bagi peserta didik dengan mantaati peraturan di lingkungan sekolah