Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32332/tapis.v6i2.6651Abstract
Pengembangan kemampuan literasi matematika siswa perlu dilakukan sejak dini, yaitu dari sekolah dasar mengingat hasil literasi matematika siswa Indonesia pada penilaian PISA 2018 sangat memprihatinkan, dimana siswa Indonesia berada pada peringkat 6 terbawah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sejauh mana kemampuan literasi matematika siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD IT Wahdatul Ummah Kota Metro Lampung dengan tingkat kemampuan matematika siswa tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan Teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan soal literasi matematika dengan tepat sampai level 3 saja, untuk soal level 4 sampai 6 mereka hanya memenuhi indikator proses matematika formulate. Siswa dengan kemampuan literasi sedang dan rendah hanya mampu menyelesaikan soal literasi matematika hingga level 2 saja, siswa berkemampuan sedang tidak mampu memenuhi indikator proses matematika pada soal level 4 sampai 5, namun untuk soal level 6 siswa berkemampuan sedang memenuhi indikator formulate. Sedangkan untuk siswa berkemampuan rendah sama sekali tidak memenuhi indikator literasi matematika level 4 sampai 6.
References
Cahyanto, M. N. (2017). Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Memecahkan Soal Matematika Model Pisa Konten Space and Shape. http://eprints.ums.ac.id/53280/11/Naskah Publikasi.pdf
Djadir, D., Awi, A., & Sulhijrah, S. (2018). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationship. Issues in Mathematics Education, 2(2), 112–118. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/62533%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/62533/12/NASKAH PUBLIKASI-3 gita.pdf
Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535
Halim, D., Humairah, Q., Nisa, S., & Zayyadi, M. (2019). Solving Math Methods: Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Komunikasi Matematis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 1(2), 103–111.
Hasanah, Z. N., Usodo, B., & Saputro, D. R. S. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA Pada Konteks Pendidikan dan Pekerjaan Ditinjau dari Kemampuan Awal. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2395–2405.
Istiana, M. E., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2020). Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 423–430. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8446
Khotimah, N., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 15. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.457
Nilasari, N. T., & Anggreini, D. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Elemen, 5(2), 206–219. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1342
Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195–211. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830
Noviarsyh Dasaprawira, M., Zulkardi, & Susanti, E. (2019). Developing mathematics questions of Pisa type using Bangka context. Journal on Mathematics Education, 10(2), 303–314. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.5366.303-314
Nusantara, D. S., Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2021). Designing pisa-like mathematics task using a COVID-19 context (Pisacomat). Journal on Mathematics Education, 12(2), 349–364. https://doi.org/10.22342/JME.12.2.13181.349-364
OECD. (2019a). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework.
OECD. (2019b). PISA 2018 Results COMBINED EXECUTIVE SUMMARIES VOLUME I, II & III: Vol. I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en
Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049
Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502.
Permatasari, R., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2018). PiSA-like: Football context in Asian games. Journal on Mathematics Education, 9(2), 271–279. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5251.271-280
Pranitasari, D., & Ratu, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pisa Pada Konten Change and Relationship. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1235. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2685
Septian, A., & Maghfirah, D. (2021). Mathematical Literacy Skills Using Google Classroom on Trigonometry. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2515. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4263
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1093
Umbara, U., & Nuraeni, Z. (2019). Analisis Interaksi antara Pembelajaran RME Berbantuan Adobe Flash CS6 dengan Kemampuan Awal Matematika dalam Meningkatkan Literasi Matematis. Jurnal Elemen, 5(2), 140. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1057
Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602–2614.