Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter kepada Siswa SD Negeri 20 Way Serdang Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v2i2.3514Keywords:
Peran guru nilai-nilai karakter pembelajaran daringAbstract
Masa pandemi covid 19 menjadi tantangan tersendiri untuk lingkungan pendidikan agar tetap dapat menjalankan fungsinya. Meski dengan pembelajaran daring lingkungan pendidikan tetap diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai karakter untuk peserta didik. Hal ini menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran sekaligus peran para guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa SD Negeri 20 Way Serdang selama pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 berlangsung. Subjek pada penelitian ini yaitu para guru dan siswa di SD Negeri 20 Way Serdang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan wawancara dengan para guru di SD Negeri 20 Way Serdang serta studi pustaka sebagai sumber pendukung. Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SD Negeri 20 Way Serdang memiliki peranan yang sangat penting dalam proses kegiatan pembelajaran terutama terkait dengan penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa selama pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19 berlangsung. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan meliputi nilai religius, disiplin, mandiri, gemar membaca dan kerja keras. Dengan penanaman nilai-nilai karakter ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa diranah afektif. Sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai secara seimbang baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotor.