Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih

Authors

  • Zhenith Surya Pamungkas Universitas Jenderal Soedirman
  • Alingga Randriwibowo Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Latifa Nur Ayu Wulansari Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Nendra Gita Melina Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Atik Purwasih Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v3i1.4316

Keywords:

Motivasi belajar Media pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektivitas pengembangan media pembelajaran interaktif wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian pengembangan ADDIE dengan menggunakan beberapa tahapan: (1) Tahap analisis, (2) Tahap desain, (3) Tahap pengembangan, (4) Tahap implementasi, (5) Tahap evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih yang berjumlah 10-15 siswa. Data diperoleh dari lembar angket motivasi dan hasil pretest dan posttest untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa. Penelitian dan pengembangan dikatakan berhasil jika media mendapatkan validitas dari para ahli, dan teruji secara praktis dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah hasil dari nilai rata-rata IPS siswa yang diajar dengan media pembelajaran interaktif yaitu sebesar 84,83% , sedangkan hasil nilai rata-rata Ekonomi siswa yang yang diajar dengan media pembelajaran interaktif Power Point sebesar 75,2%. Dalam pelaksanaannya kedua media pembelajaran ini telah mampu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar IPS siswa. Keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif adalah sebesar 84,83% dan Power Point sebesar 75,2%.

Published

2021-12-30

Most read articles by the same author(s)