Pola Didik UKK Pramuka IAIN Metro Lampung Dalam Menunjukkan Eksistensi Karakter Anggotanya Di Lingkungan Kampus

Authors

  • Anis Fitriyani IAIN Metro
  • Lusi Anggraini IAIN Metro
  • Tiara Amelia Puspita IAIN Metro
  • Atik Purwasih IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v1i1.2158

Keywords:

pola didik, UKK pramuka IAIN Metro Lampung, karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola didik yang diterapkan oleh UKK Pramuka pangkalan  IAIN Metro Lampung, dalam rangka menanamkan nilai-nilai karakter kepada anggotanya untuk menunjukkan eksistensi UKK Pramuka di lingkungan kampus IAIN Metro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang  mana penelitian ini mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena yang hasil penelitiannya berupa kata, dan menggunakan metode wawancara dan observasi. Berdasarkan analisis data yang ini dapat disimpulkan bahwa pola didik yang diterapkan oleh UKK Pramuka IAIN Metro berlandaskan pada satya dan dasa dharma pramuka. Hal ini terbukti bahwasanya setiap anggota pramuka di IAIN Metro memiliki ciri khas tersendiri dalam menunjukkan eksistensisnya melalui karakter yang terdapat dalam dirinya seperti ketakwaan, kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, dan nilai-nilai karakter yang lainnya.

Kata Kunci: pola didik, UKK pramuka IAIN Metro Lampung, karakter

Downloads

Published

2020-06-18

Most read articles by the same author(s)