PENENTUAN HARGA DALAM JUAL BELI JAGUNG TEBASAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

  • Siti Mustaghfiroh Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Mila Widiastuti

Abstract

Jual beli dengan cara tebasan sudah ada sejak zaman dahulu. Sistem jual beli ini biasanya digunakan untuk memudahkan para penebas. Penentuan harga jual beli tebasan sekarang banyak terjadi dikalangan masyarakat yang menjual dengan cara tebasan dan menjadi permasalahan para petani dalam penentuan harganya. Terkadang petani memilih memanen hasil panen nya sendiri dibandingkan dengan sistem tebasan, karena harga yang menjadi penentuan jual beli.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan harga  jual beli tebasan menurut hukum ekonomi syariah di Desa Giriklopomulyo Kecamatan Sekampung. Jenis  penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem penentuan harga dalam jual beli jagung tebasan di Desa Giriklopomulyo Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur sesuai dengan hukum ekonomi syariah karena dalam jual beli sistem tebasan yang ada di Desa Giriklopomulyo ini tidak mengandung unsur gharar yang ada hanyalah resiko kerugian kecil. Resiko merupakan hal yang lumprah dalam jual beli karena resiko datang di luar kehendak manusia. Dalam jual beli tersebut baik penebas maupun pemilik lahan juga mengaku saling ridha. Penebas merupakan orang yang ahli, sehingga perkiraan mereka selalu benar dan jarang sekalin salah. Jual beli jagung dengan sistem tebasan yang terjadi di Desa Giriklopomulyo sah menurut hukum Islam karena sesuai dengan rukun dan syarat pembeli. Kesesuain jual beli tebasan jagung jika dilihat sudut pandang hukum ekonomi telah sesuai. Jual beli tebasan jagung yang dilarang dalam hukum ekonomi syariah yaitu jual beli yang mengandung unsur gharar. Untuk pembayarannya porsekot diperbolehkan dengan tujuan agar terjadi perikatan, tapi dilarang apabila terjadi pembatalan jual beli porsekot hangus oleh penjual. Jual beli tebasan dengan uang tunai ketika panen ini merupakan jual beli yang paling sah diantara ketiga bentuk jual beli tebasan, karena keadilan dapat tercapai.

References

Aan komarian, Djam’an satori. metodelogi penelitian kuantitatif. bandung: alfabeta, 2014.
Aizza Alya Shofa. “ TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI PADI DENGAN SISTEM TEBAS” Volume 1 No. 1 (Januari 2017).
“Al-Quran Dan Terjemahannya,” t.t.
Buku Monografi Kantor Kelurahan Giriklopomulyo. Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur., 2019.
Dimyauddin Djuwaini. , Pengantar Fikih Muamalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Enizar. Hadis Ekonomi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.
Fajar Cahyani,. “Praktik Jual Beli Tebasan Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah,” t.t., 2.
Hendi Suhendi. Fiqih Muamalah. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2011.
“Praktik Jual Beli Tebasan Dalam Persepektik Hukum Ekonomi Syariah, di Dalam Jurnal.,” t.t.
Suhrawardi K Lubis. , Hukum Ekonomi Islam. Jakarta: Sinar Grafika, 2014.
“Wawancara dengan Ibu Kasri selaku petani Jagung di Desa Giriklopomulyo,” 23 Maret 2021.
“Wawancara dengan Ibu Surtiyah Selaku petani Jagung di Desa Giriklopomulyo,” 25 Maret 2021.
“Wawancara Langsung Dengan Bapak Paiman Selaku Petani di Desa Giriklopomulyo,” 1 Maret 2021.
Published
2022-06-23
How to Cite
MUSTAGHFIROH, Siti; WIDIASTUTI, Mila. PENENTUAN HARGA DALAM JUAL BELI JAGUNG TEBASAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Mu’amalah Jurnal Hukum Ekonomi Syari’ah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 81-108, june 2022. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/muamalah/article/view/5112>. Date accessed: 16 aug. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.