PENYERAPAN BAHASA ASING BAGI ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR MELALUI NARASI ISLAMI BERBAHASA INGGRIS

Authors

  • Rosmalita Septiana IAIN Metro
  • Liana Dewi Susanti IAIN Metro
  • Ani Nurul Imtihanah IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/jsga.v3i2.4043

Keywords:

bahasa asing, pembelajaran bahasa Inggris, anak-anak, narasi islami

Abstract

Penggunaan narasi islami digunakan untuk menambah wawasan moderasi beragama bagi siswa-siswa tingkat sekolah dasar yang ikut dalam kegiatan belajar bersama ini. Selain penggunaan cerita islami, penggunaan materi-materi pembelajaran di sekolah pun turut digunakan untuk membantu siswa lebih memahami pelajaran di sekolah mereka. Hasil observasi yang dilakukan oleh penulis sebelum memulai kegiatan belajar bersama menunjukkan bahwa siswa kurang motivasi dalam belajar bahasa Inggris karena jarang menggunakannya secara aktif di kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, kegiatan diisi dengan melibatkan kegiatan motorik yang dapat menarik perhatian siswa tingkat sekolah dasar. Hasil dari kegiatan belajar bersama selama KPM-DR sangat positif, diantaranya siswa menjadi pelajar bahasa yang lebih aktif, memiliki motivasi belajar yang baik, dan percaya diri dalam menggunakan ungkapan bahasa Inggris sederhana kepada teman sebaya.

References

Cahyati, Primadina, Universitas Negeri Yogyakarta, Suwarsih Madya, and Universitas Negeri Yogyakarta. “Teaching English in Primary Schools : Benefits and Challenges,” noSeptember (2019). https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.68.

Çiğdem Güneş, İskender Hakkı Sarıgöz. “Speaking Struggles of Young EFL Learners” 13, no. 2 (2021): 1267–1308.

Damayanti, Ika Lestari. “Is the Younger the Better? Teaching English to Young Learners in the Indonesian Context.” EDUCARE: International Journal for Educational Studies 1, no. 1 (2008): 31–38.

“Dr. Alek’ Makalah SEMNAS Ok.Pdf.” Accessed July 22, 2021. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/32591/1/Dr.%20Alek%27%20Makalah%20SEMNAS%20ok.pdf.

Ilyosovna, Niyozova Aziza. “The Importance of English Language,” 2020, 22–24.

Jazuly, Ahmad. “Peran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa 6, no. 1 (2016): 33–40.

Mart, Cagri Tugrul. “Encouraging Young Learners to Learn English through Stories Encouraging Young Learners to Learn English through Stories,” no. November (2018). https://doi.org/10.5539/elt.v5n5p101.

Nishanthi, Rajathurai. “The Importance of Learning English in n Today World,” no. December (2018). https://doi.org/10.31142/ijtsrd19061.

Oktaviani, Ayu, and Asahi Fauzan. “TEACHERS ’ PERCEPTIONS ABOUT THE IMPORTANCE OF ENGLISH” 1, no. 1 (2017): 1–15.

“PBIS4429-M1.Pdf.” Accessed July 22, 2021.

“Joan Kang Shin, "Ten Helpful Ideas for Teaching English to Young Learners," English teaching forum, number 2 (2006)”

Suwartono. Sukses Belajar Bahasa Asing. Mimbar. Vol. 7, 2008.

Tulgar, Ayşegül Takkaç. “Speaking Anxiety of Foreign Learners of Turkish in Target Context.” International Online Journal of Education and Teaching (IOJET) 5, no. 2 (2018): 313–32.

Uzer, Yuspar, and M Pd. “METODE STORY TELLING UNTUK ANAK USIA DINI Pendidikan Anak Usia Dini Bertaraf Internasional Ataupun Nasional plus Dimana Media Bahasa Yang Digunakan Adalah Bahasa Inggris . Tak Perduli Akan Inggris Maka Para Orang Tua Akan Puas Dan Pada Pendidikan Berkaita,” no. April (2020). https://doi.org/10.31851/pernik/v.

Downloads

Published

2021-12-17 — Updated on 2021-12-17

Versions

Most read articles by the same author(s)