Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi di MIS Jauharotul Mualimin Gayau Sakti Lampung Tengah

  • Andree Tiono Kurniawan Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Suhendi Suhendi Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Nur Lailatul Badriah Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Nindia Yuliwulandana Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Anna Fajriyanti Taman Kanak Kanak Islam Terpadu An Nawawi Metro, Indonesia

Abstract

Kreativitas guru dalam proses pembelajaran daring adalah guru mampu merancang, menyusun, melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian, untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam proses pembelajaran daring pada masa pamdemi. Jenis penelitian, kualitatif lapangan dan bersifat deskriptif. Sumber penelitian, kepala sekolah, guru, siswa dan orangtua siswa kelas IV. Metode pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pembahasan penelitian ini adalah kreativitas guru dalam penggunaan metode dan media pembelajaran daring. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam proses pembelajaran daring di MIS Jauharotul Mualimin yaitu Guru memanfaatkan media sosial whatsapp dan youtube, guru memberikan video tutorial pembelajaran yang diambil dari youtube kemudian link dikirimkan ke whatsapp group kelas.


Kata kunci: Kreativitas guru, pembelajaran daring, dan masa pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-01
How to Cite
KURNIAWAN, Andree Tiono et al. Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi di MIS Jauharotul Mualimin Gayau Sakti Lampung Tengah. Elementary : Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 65-76, may 2022. ISSN 2579-9282. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/4474>. Date accessed: 29 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32332/elementary.v8i1.4474.