Tren Program Tahfidz Al-Qur’an sebagai Metode Pendidikan Anak

Authors

  • Akhmad Syahid Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Ajeng Wahyuni Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Keywords:

tren, program tahfidz, metode pendidikan anak

Abstract

Pengenalan menghafal Al-Qur’an atau disebut juga Tahfidz Al-Qur’an merupakan salah satu program unggulan sekolah-sekolah baik sekolah yang berstatus sekolah Negeri maupun Sekolah Swasta. Meskipun pada awalnya program Tahfidz Al-Qur’an tidak atau kurang diminati baik oleh pengelola pendidikan atau pun orang tuda dan siswa. Namun, sekarang program Tahfidz Al-Qur’an terbukti menjadi salah satu program unggulan sekolah-sekolah. Bahkan dengan menerapkan program Tahfidz Al-Qur’an, banyak sekolah-sekolah tersebut yang banyak dicari dan diminati.

       Penelitian ini mengangkat tentang kelebihan-kelebihan dari program Tahfidz Al-Qur’an yang dilaksanakan oleh sekolah-sekolah yang kemudian menjadi sekolah favorit, sekolah besar dan bahkan Program Tahfodz Al-Qur’an biasa dimunculkan di Banner-banner, baliho, pamphlet penerimaan siswa baru dengan urutan paling atas kemudian disusul program-progam unggulan lain.

       Bagi orangtua siswa, menyekolahkan anak pada lembaga pendidikan yang melaksanakan program Tahfidz Al-Qur’an adalah sebuah kebanggan. Mereka mempunyai mimpi kelak anak-anak mereka menjadi para Muhafidz AL-Qur’an yang akan menuntun mereka dan memakaikan mahkota dari emas pada hari kiamat kelak.

References

Abdul Majdi, Dian Andayana. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Rosda Karya, 2013.
Akhmad Muhaimin Azzat. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Hidayat, Fattah. “Kajian Psikologi Pembelajaran Hafal Quran bagi Anak Usia Dini,” 2017, 12.
Indra Keswara. “PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN (MENGHAFAL AL QUR’AN) DI PONDOK PESANTREN AL HUSAIN MAGELANG.” Hanata Widya 6, no. 2 (2017).
Kementerian Agama Republik Indonesia. Al-Kamal Al-Qur’an Tajwid Warna, Transletirasi Per Kata, Terjemah Per Kata. Jakarta Pusat: Pustaka jaya Ilmu, 2016.
M. Abdul Qadir Abu Faris. Menyucikan Jiwa, Terj. Habiburrahman Saerozi. Jakarta: Gema Insani, 2006.
Mahmud Yunus. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung, 1990.
Nurul Hidayah. “Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan.” Ta’allum 4, no. 1 (2016): 19.
Suharso, Ana Retnoningsih. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya Karya, 20115.
Toto Tasmara. Kecerdasan Ruhaniah, (Transendental Intelligence), Membentuk Kepribadian Yang Bertanggung Jawab, Profesional Dan Berakhlak. Jakarta: Gema Insani, 2001.
Zulfitria. “PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QURAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (PAUD) ZULFITRIA.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak usia Dini 1, no. 2 (2016): 21.

Downloads

Published

2019-06-26