SWOT: IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE BANKING TERHADAP KUALITAS LAYANAN BANK MUAMALAT
Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan penggunaan mobile banking dalam layanan perbankan syariah, serta mencari peluang dan ancaman yang mungkin muncul sebagai dampak dari penggunaan teknologi ini. Tujuan penelitian menganalisis implementasi aplikasi mobile banking terhadap kualitas layanan Bank Muamalat dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT. Metode penelitian kualitatif deskriptif, menggunakan data primer dan sekunder, memberikan gambaran komprehensif tentang faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang terkait dengan penggunaan mobile banking dalam layanan perbankan syariah. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan mobile banking memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas layanan perbankan syariah. Kelebihan yang ditemukan meliputi efisiensi, kemudahan akses, biaya operasional yang rendah, dan aksesibilitas layanan 24 jam. Namun, terdapat juga kelemahan seperti ketergantungan pada koneksi internet yang baik, risiko kejahatan digital, dan biaya tambahan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi mobile banking dalam kualitas layanan Bank Muamalat KC. Pontianak.
References
Changchit., Chuleeporn., And Lonkani, Ravi. “Mobile Banking: Exploring Determinants Of Its Adoption.” Journal Of Organizational Computing And Electronic Commerce, Vol. 27, No. 3, 2017. https://doi.org/10.1080/10919392.2017.1332145.
Hazra, Sandip Ghost., And Srivastava, Kailash B L. “Impact Of Service Quality On Customer Loyalty, Commitment And Trust In The Indian Banking Sector.” The IUP Journal Of Marketing Management, Vol. 8, 2009.
Herlambang, A. D., Dan Dewayanti, A. “Minat Nasabah Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking.” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, Vol. 12, No. 1, 2018. https://doi.org /10.32815/jitika.v12i1.227.
Ishadi, Ishadi. Wawancara Pribadi. 10 Oktober 2021.
Karjaluoto, H., Mattila, M., And Pento, T. “Factors Underlying Attitude Formation Towards Online Banking In Finland.” International Journal Of Banking Marketing, Vol. 20 No. 6, 2022. https://doi.org/10.1108/02652320210446724.
Laukkanen, Tommi., And Kiviniemi, Vesa. “The Role Of Information In Mobile Banking Resistance.” International Journal Of Bank Marketing, Vol. 28, No. 5, 2010. https://doi.org/10.1108/02652321011064890.
Laura, Reista Isna. Wawancara Pribadi. 10 Oktober 2021.
Muchlis, Ridwan. "Analisis SWOT Financial Technology (Fintech) Pembiayaan Perbankan Syariah Di Indonesia (Studi Kasus 4 Bank Syariah Di Kota Medan)." AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 1, No. 1, 2018. http://dx.doi.org/10.30821/ajei.v1i1.2735.
Nawawi, Hadari. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2016.
Nurfalah, Irfan., And Rusydiana, Aam Slamet. “Digitalisasi Keuangan Syariah Menuju Keuangan Inklusif: Kerangka Maqashid Syariah.” Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, Vol. 11, No. 2, 2019. https://doi.org/10.35313/ekspansi. v11i1.1205.
Prihatiningrum, Ageng Agti., And Zuraidah, Eva. “Analisa Kualitas Layanan Aplikasi Mobile Banking Pada Nasabah Bjb Cabang Tangerang Menggunakan Metode Servqual.” Journal Of Information System Research, Vol. 3, No. 4, 2022. https://doi.org/10.47065 /josh.v3i4.1653.
Sani, M. I., Siregar, S., Dan Marliyah, M. “Faktor-Faktor Mempengaruhi Transaksi Non Tunai Mobile Banking Di Bank Muamalat Medan,” Kitabah: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah, Vol. 3, No. 2, 2019.
Sarwani, Sarwani., Herawati, Andry., Dan Listyawati, Liling. Analisis Perbandingan Kepuasan Nasabah Bank Syariah Dengan Bank Umum Konvensional Di Surabaya. Surabaya: Universitas Dr Soetomo Surabaya, 2017.
Setiawan, Heri. “Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Penggunaan Layanan Mobile Banking Pada Bank Mandiri, Bri, Bni Dan Bank Permata.” Jurnal Ekonomi, Vol. 20, No. 3, 2019. https://doi.org/ 10.26905/jkdp.v20i3.269.
Shaikh, Aijaz A., And Karjaluoto, Heikki. "Mobile Banking Adoption: A Literature Review." Telematics And Informatics, Vol. 32, No. 1, 2015. https://doi.org/10.1016/j.tele.2014. 05.003.
Sihabudin, Sihabudin. Wawancara Pribadi. 13 November 2021.
Triyani, Debi., Kaban, Reni Fitriana., Dan Ikbal, Muhammad. “Peranan Layanan Mobile Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas nasabah Bank Syariah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tomang.” Jurnal Ekonomi, Vol. 2, No. 1, 2021. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.181-192.
Wiryawan, Muhammad Ryzki., And Sulaiman, Cici Amalia Hidayati. "Analisis SWOT Pada Layanan Jasa Mobile Banking Di PT Bank Panin Dubai Syariah." JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), Vol. 12, No. 2, 2020. https://doi.org/10.37151/jsma. v12i2.61.