FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LITERASI FINANSIAL MAHASISWA

  • M Irfan nurhab

Abstract

Salah satu kecerdasan yang harus dimiliki oleh manusia modern adalah kecerdasan finansial, yaitu kecerdasan dalam mengelola aset keuangan pribadi. Mahasiswa umumnya memiliki kebebasan yang lebih besar untuk membuat keputusan pribadi dalam hal keuangan.  Namun, fenomena yang ada saat ini tidak mencerminkan mahasiswa memiliki tingkat literasi finansial yang baik. Mahasiswa perlu bekali pengetahuan dan keahlian dibidang keuangan serta diajarkan cara pengelolaan keuangan yang benar sehingga mahasiswa dapat memanfaatkan dengan maksimal uang yang dimilikinyaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi literasi finansial mahasiswa IAIN Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan cara mendatangi secara langsung responden yang menjadi sampel dalam penelitian untuk mendapatkan data primer.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportionate random samplingdengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran kuesioner. Analisis faktor terhadap 17 variabel indikator menghasilkan 5 faktor pembentuk, yaitu : 1) Faktor Manajemen, 2) Faktor Pendapatan, 3) Faktor Penganggaran, 4) Faktor Pendidikan, dan 5) Faktor Perencanaan.

Published
2019-06-19
How to Cite
NURHAB, M Irfan. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LITERASI FINANSIAL MAHASISWA. FINANSIA: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah, [S.l.], v. 1, n. 02, p. 255-274, june 2019. ISSN 2621-4644. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/FINANSIA/article/view/1394>. Date accessed: 06 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.32332/finansia.v1i2.1394.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.