Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiri dengan Media Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA

Main Article Content

Yunitha Ulfah

Abstract

Pandemi covid 19 yang terjadi diIndonesia mengakibatkan perubahan sistem pembelajaran secara menyeluruh. Yang bermula pembelajaran dilakukan sepenuhnya tatap muka dikelas harus berubah menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran yang dilakukan selama pandemi ini di SMP N Purworejo adalah dengan cara asinkronus yaitu Goggle classroom dan sinkronus adalah goggle meet. Dari pembelajaran daring yang telah dilakukan  nampak motivasi belajar mandiri peserta didik sangat minim. Berdasarkan data nilai dari tahun pelajaran 2019/2020 didapatkan hasil bahwa masih terdapat 55% peserta didik yang belum paham konsep listrik statis dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan konsep peserta didik dengan menerapkan pembelajaran berbasis inkuiri menggunakan media simulasi PhET. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reseach). Penelitian akan dilakukan pada siswa kelas IX.a SMP Negeri Purworejo pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021.  Penelitian ini akan memperoleh data-data berupa data kualitatif dan data kuantitatif dengan menggunakan instrument pengumpul data berupa lembar observasi dan isntrumen tes Penelitian ini dilakukan di SMP N Purworejo dengan melibatkan 23 peserta didik kelas IX.A semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus kegiatan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan Tindakan, evaluasi dan refleksi tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas peserta didik  terjadi peningkatan pada siklus I rata-ratanya 78,26 dan pada siklus II 82,61. (2) nilai hasil penguasaan konsep juga mengalami peningkatan nilai rata-rata pada siklus I 74,78 dan siklus II 79,13.

Article Details

How to Cite
ULFAH, Yunitha. Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiri dengan Media Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 80-88, mar. 2021. ISSN 2722-5275. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/3148>. Date accessed: 15 apr. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.