Evaluasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Nilai Pretest dan Posttest IPA Kelas IX.A SMP Negeri Purworejo Lampung Tengah

Authors

  • Yunitha Ulfah SMPN Purworejo
  • Anton Suryantoro Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i1.3387

Keywords:

Covid-19, Evaluasi, Pretest, Posttest, N-Gain

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19 tetap memerlukan evaluasi untuk menilai konsekuensi dari rencana pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan yang dicapai setelah berakhirnya penyampaian pelajaran IPA di masa pandemi Covid-19 khususnya Kelas IX.A SMP Negeri Purworejo Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitiannya menggunakan pre-eksperimental design yang dipilih adalah satu kelompok pretes-posttes (OneGroup Pretest-Posttest Design). Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk pretest dan posttest. Hasil penelitian pada 3 kompetensi dasar yaitu Pewarisan Sifat, Listrik Statis dan Listrik Dinamis menunjukkan perolehan skor N-Gain yang cukup efektif sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dan peserta didik mengalami  perkembangan kognitif dalam memahami materi.

Downloads

Published

2021-07-03