Evaluasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Menggunakan Model CIPP

Authors

  • I Ketut Manik Asta Jaya
  • I Wayan Lali Yogantara Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Luh Devi Sintiawati Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.32332/6maszn15

Abstract

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah program disiapkan untuk penerapan Kurikulum Merdeka. Penelitian di Sekolah Dasar Negeri Hindu 1 Bona bertujuan sebagai evaluasi terhadap implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan model Context, Input, Process, dan Product. Metode penelitian ini tergolong jenis penelitian evaluatif dengan model Context, Input, Process, dan Product. Populasi dan sampel penelitian ialah 134 siswa. Hasil penelitian dari perspektif siswa menunjukkan bahwa komponen konteks memiliki skor rata-rata 77, yang masuk dalam kategori baik. Komponen input dengan skor 82, komponen proses skor 82, dan komponen produk skor 84, ketiganya dikategorikan sangat baik. Dari perspektif guru, komponen konteks memiliki skor rata-rata 78, yang dikategorikan baik, sedangkan komponen input mendapat skor 89, proses 96, dan produk 98, yang semuanya masuk dalam kategori sangat baik. Dari segi efektivitas berdasarkan perspektif siswa, komponen konteks memperoleh T-score 36,09, menunjukkan nilai negatif karena di bawah 50. Komponen input memperoleh T-score 51,99, proses 51,99, dan produk 59,93, semuanya bernilai positif karena melebihi 50. Dari perspektif guru, komponen konteks memiliki T-score 35,67, juga menunjukkan nilai negatif. Komponen input memperoleh skor 50,68, proses 56,147, dan produk 57,51, semuanya memiliki nilai positif di atas 50. Hasil tersebut memberikan proyeksi efektivitas program yang positif untuk dilaksanakan berkelanjutan.

Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila; Context, Input, Process, dan Product

References

Abadi, D. P., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2024). Pendekatan Multikultural dalam Layanan Bimbingan Konseling Guna Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2). https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/5722

Ambiyar, & Muhardika. (2019). Metodelogi Penelitian Evaluasi Program. Alfabeta.

Amir, M. F. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal of Medives, 2(1), 117–128.

Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Perdana Publishing.

Apriani, L. (2022). Eksistensi Pasraman NonFormal sebagai Lembaga Pendidikan Hindu di Kabupaten Lombok Barat. Jayapangus Press, 175–185. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/JPAH/article/view/2169

Aulia, D., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 11(1), 122–133. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/25923

Budiastuti, D. D. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Mitra Wacana.

Diantoro, F., Purwati, E., & Lisdiawati, E. (2021). Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Nasional Dimasa Pandemi Covid 19. Ma’alim: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 22–33. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/maalim/article/view/3035

Fahrudin, F. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP). Historia Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 8(2). https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/sejarah/article/view/2325

Jaya, I. K. M. A. (2023). Survey of learning motivation of elementary school students starting face-to-face learning after the covid 19 pandemic in Bangli regency. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 7(2), 115–125.

Kurniawan, T., & Wijarnoko, B. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam menumbuhkan motivasi kewirausahaan pada siswa kelas VII SMP N 1 Kalikajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 9(1), 1–23. https://ebook.umpwr.ac.id/index.php/jpse/article/view/2790

Lestari, M. A., & Hermawati, E. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Dalam Menanamkan Karakter Berkebhinekaan Global pada Siswa SDIT Darul Amanah. Journal Of Innovation and Ustainable Empowerment, 2(1), 6–11. https://jise.uniku.ac.id/pub/article/view/37

Maudyna, I. E., Roesminingsih, E., & Karwanto. (2023). Evaluasi Kesiapan Pendidik dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 637–648. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/322/246

Mualifa, L., Wardhani, P. A., & Wardatussa’idah, I. (2024). Evaluasi Program Projek Pnguatan Profil Pelajar Pancasila (p5) Aksi Detektif Lingkungan di Kelas 4 SDN Cilangkap. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 653–663. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2911

Purnomo, I. M. B. A., & Wasisto, R. H. (2022). Strategi Komunikasi Website Berita infopasraman.com Dalam Upaya Mempromosikan Sekolah Berbasis Pendidikan Keagamaan Hindu. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 10–20. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/1445

Rahmatika, J., & Indarini, E. (2023). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 17(2), 80–89. https://cakrawala.upstegal.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/396

Rama, A., Ambiyar, Rizal, F., Jalinus, N., Waskito, & Wulansari, R. E. (2023). Konsep model evaluasi context, input, process dan product (CIPP) di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 8(1). https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/2976

Rohmah, N. N. S., Markhamah, Narimo, S., & Widyasar, C. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/6124/3547

Rohman, M. F., Irmaningrum, R. N., & Kharisma, A. I. (2024). Analisis Dimensi Berkebhinekaan Global Profil Pelajar Pancasila terhadap Fenomena Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 4(2). https://www.jurnal.bimaberilmu.com/index.php/jppi/article/view/531

Rudiarta, I. W. (2023). Strategi Pembelajaran Dalam Internalisasi Nilai Moderasi Beragama pada Pasraman di Kota Mataram. Widya Ganitri : Jurnal Ilamiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 14(1), 13–27. https://jurnal.dharmasentana.ac.id/widyagenitri/article/view/545

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Setyaningsih. (2019). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dalam Pembentukan Karakter Anak Hindu di Sekolah Dasar Negeri Surakarta. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 297–332. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/272

Sumadi, S., Kusumaningrum, S., & Rahayu, D. (2023). Implementasi Model Evaluasi Context, Input, Process, And Product (CIPP) Dalam Program Asistensi 31 Mengajar Di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Mathem Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2393

Wiryatmo, R. D. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Penguatan SDM Program Sekolah Penggerak di Sekolah Menengah Pertama dengan Model CIPPO. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 22–34. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/8512/2464

Yasa, I. M. W., Wijaya, I. K. W. B., Supadmini, N. K., Aryana, I. M. P., & Hana, N. D. (2023). Evaluasi Program Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Adi Widya Pasraman Di Provinsi Bali Dengan Model Evaluasi Context Input Process Product (CIPP). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 877–887. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/2850

Downloads

Published

2024-12-29