Penerapan Model Problem Based Learning pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32332/8wn1m537Abstract
Keterampilan pada abad 21 yang perlu dikuasai oleh peserta didik antara lain adalah keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan kerja sama. Keterampilan abad 21 ini menjadi penting karena dunia kerja menuntut adanya perubahan kompetensi, dimana berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad ke-21 yang penting untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Purwajaya, Lampung Barat dengan menggunakan model problem based learning. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. subjek penelitian yang digunakan adalah siswa V Sekolah Dasar Negeri 1 Purwajaya, Lampung Barat sebanyak 30 siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi ekosistem. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data ialah lembar observasi, tes tertulis dan dokumentsi. Hasil tes pada siklus I diperoleh persentase kriteria berpikir kritis siswa sebesar 60% dan memperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 36,67% dibandingkan dengan prasiklus, 23,33% dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 86,66% yang di kategorikan sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis
References
Aji, S. B., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Problem Base Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2734–2740. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.801.
Agustinus, M. D., Yusuf, M., & Subagya. (2023). Model Pembelajaran PBL Berbasis PT-LS terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains. Journal of Education Action Research, 7(2), 291.
Andersen T., & Watkins K. (2018). The Value of Peer Mentorship as an Educational Strategy in Nursing. J Nurs Educ. 57(4): 217-224. https://doi.org/10.3928/0148483420180322-05.
Devi, K. S. T., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 26(2), 233. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36079.
Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044.
Facione, P. A., & Llc, M. R. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Critical Thinking. University of Alabama at Birmingham.
Inayati, U. 2022. Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. International Conference on Islamic Education. 2. 293-304. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE.
Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 155. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.31523.
Maisaroh. D, Virani. R. K, & Vifty. O. N. 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learningterhadap Keterampilan Kerjasama Dan Hasil Belajar Peserta Didikpada Mata Kuliah Genetika. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research. 4 (2). https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7596.
Maulidia. L, Tia. N, Ahmad. R, Monry F. N, & Eva. M. S. 2023. Analisis Keterampilan Abad Ke 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Bajarsari. Seminar Nasional (PROSPEK II). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/2609.
Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Metodik Didaktik, 13(2), 106 112. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9500.
Narsan, V. O. (2021). Penerapan Metode Field Trip Berbasis Cooperative Learning Terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research. 2 (2). 172-183. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i2.4262
Narsan, V. O. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik Pada Mata Kuliah Telaah Biologi. Journal of Biology Education Research. 3 (2). 118-132. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i2.5815
Nurdin, Syafruddin. (2016). Guru Profesional dan Pebelitia Tindakan Kelas. Jurnal Educative: Journal of education Studies, 1(1), 1-12.https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/educative/article/view/118.
Oh, E. (2019). Research on the Effective of Peer Instruction and Students’ Involvement. Asia-Pacific of Multimedia Services Convergent with Art Humanities, and Sociology, 9, 199–208. https://doi.org/10.35873/ajmahs.
Ratnawati, Dewi, Isnaini Handayani, dan Winda Hadi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Question Card terhadao Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 44-51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683.
Suriati, A., Sundaygara, C., & Kurniawati, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X SMA Islam Kepanjen. Rainstek Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 3(3), 176–185. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6053.
Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Kalkulus. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 279. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947.
Syadiah, A. N., & Hamdu, G. (2020). Analisis Rasch untuk Soal Tes Berpikir Kritis pada Pembelajaran STEM di Sekolah Dasar. Jurnal Premier Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 138-148. http://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6524.
Tampubolon, M Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Wahyuni, N. L. P. W., Wibawa, I. M. C., & Renda, N. T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Asesmen Kinerja terhadap Keterampilan Proses Sains. International Journal of Elementary Education, 2(3), 202. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15959.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.