Pengembangan Media Teka-Teki Silang Bergambar untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nursaida Siagian
  • Sapri Sapri

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v10i1.9358

Abstract

Membaca permulaan menjadi isu khusus dalam usaha peningkatan kualitas literasi. Fakta lapangan menunjukkan bahwa kampanye gerakan membaca belum berimplikasi pada kuantitas bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan perancangan media pembelajaran teka-teki silang bergambar dan menguji validitasnya. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian dan pengembangan. Peneliti menggunakan pengebangan model ADDIE (analytic, design, development, implement, and evaluations). Subjek penelitian adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Swasta Muhammadiyah Sigambal 06 yang berjumlah 25 orang. Penilitian ini menghasilkan informasi bahwa media teka-teki silang bergambar memiliki nilai validitas sebesar 80%. PSelain itu, tingkat kepraktisan yang diperoleh dari respons guru yang mendapat nilai persentase 90%. Lebih lanjut, respons efektivitas media yang didapatkan dari peningkatan pembelajaran peserta didik yang berada pada kategori tinggi senilai 0,8. Berdasarkan hasil uji validitas, teka-teki silang bergambar berbasis cerita terbukti efektif dalam mengatasi kesulitan membaca sehingga produk ini layak untuk digunakan dan memungkinkan upaya pemanfaatan sebagai media pembelajaran di kelas tinggi.

Kata Kunci: Teka-Teki Silang, Kesulitan Membaca

References

Amalia, Nur Hikmah, dan Nur Hidayat. (2018). Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III MI Ma’arif Giriloyo 1 Bantul.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10 (1), 119–34. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.133.
Ariawan, Rezi dan Kinanti Januarti Putri. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. Journal for Reseacrh for Mathematics Learning. 3(3), 293-302. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/10558
Daulay, Afrahul Fadhila, dkk. (2024). Tanggung Jawab Guru dalam Meningkatkan Karakter Belajar Siswa di Yayasan Pendidka MIS Karya Shabirah. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1 (12), 543–47.
Eliantari, Ni Putu Regina, Mg. Rini Kristiantari, dan I Wayan Sujana. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Circular Card terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4 (1), 23. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24780.
Ferdiana, Nur Lely. “Meningkatkan Minat Membaca Melalui Media Teka-Teki Silang Pada Siswa Kelas Iii Sdi Wahid Hasyim Sidoarjo. (2020)” UMSIDA ,5(3), 248–53.
Hafni Sahir, Syafrida. ed. Try Koryati (2021). Metodologi Penelitian. Jogjakarta: KBM Indonesia.
Haq, Samsul. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital: Problematika dan Solusi dalam Pengembangan Media.” MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7 (1), 211–22. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6937.
Harianto, Erwin. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal didaktika, 9 (1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2.
Hikmaturrasyidah, Kamarudin, dan Rustam. (2023). Analisis Kompetensi Dasar menjadi Indikator dalam Rancangan Pembelajaran Guru Bahasa Indonesia SMPN 14 Kota Jambi. jurnal pendidikan bahasa dan sastra, 2 (2), 1–15.
Karim, Pangulu Abdul. (2020) “Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih. Ittihad, 4 (1), 72–80. https://ejournal ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/85/74
Lubis, Marasamin, Hendra Utama Zein, dan Lubis Malim Sutan. (2023). Pengaruh Literasi Membaca dan Menulis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika UINSU Medan di Era Society 5.0.” Jurnal Tarbiyah, 30 (1), 39–52. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v30i1.2244.
Luh, Ni, Gita Sri, Kt Pudjawan, dan I Citra Wibawa. (2019) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA” 3 (2), 116–23. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/18512
Masri, Dedi, Juhro Ulya, Wardani Ritonga, dan Khoirul Ardani Manurung. (2022). Kuliah Kerja Nyata: Pengelolaan Sumber Daya Manusia Melalui Kegiatan Masyarakat Desa Kampung dalam Oleh Kelompok 129.” Modeling: Jurnal Program Studi PGM, 9 (4), 123–39. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/190
Mesra, Romi. (2023). Research & Development dalam Pendidikan. Tanjung Morawa: Mifandi Mandiri Digital.
Moto, Maklonia Meling. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3 (1), 20–28. http://dx.doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Nikmah, Luluk Maslahatin. (2019). Pengembangan Media Teka Teki Silang Bergambar Berbasis Teams Games Tournament Materi Sumber Energi Sekolah Dasar. Jpgsd, 7 (2), 2760–70. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal penelitian-pgsd/article/view/27770
Nugrahani, A. F., dkk. (2024). Analisis Keterbacaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia pada Kelas I SD Berdasarkan Grafik Fry. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 46–51. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3017
Permana, Sukanda, dan Neng Ita Sintia. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Baiturrosyad Lembur Awi Pacet. Resource | Research of Social Education, 1 (1), 18-27. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/resource/article/view/632
Pratiwi, Susila. (2019). Model Picture and Picture Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1D MI MBA. publikasi ilmiah ums, 1, 177–187. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/11196/25.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Purwoko, Bayu, dan Siti Masitoh. (2022). Permainan Teka-teki Silang Bergambar terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 10 (2), 1–19. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan- khusus/article/view/25041
Ratnasari, D., & Adiwijaya, S. N. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Kelas II Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 87-97. https://doi.org/10.21580/jieed.v3i1.16794
Rosnani, Melli, Bukman Lian, dan Mardiana Sari. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Teka-Teki Silang Bergambar Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, 6 (2), 33–44. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v.
Rusmayana, Taufik. (2021). Model Pembelajaran ADDIE Integrasi Pedati di SMK PGRI Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan Dimasa Pandemi Covid-19. Bandung: CV Widina Media Utama,
Said, Agus, Mardjan Paputungan, dan Julhim S. Tangio. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa yang Diajar dengan Media Teka-Teki Silang (TTS) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada Materi Sistem Koloid. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3 (2), 33–39. https://doi.org/10.34312/jjec.v3i2.10435.
Salim, H, dan Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan dan Jenis. Society. Jakarta: Kencana.
Sari, Adinda Puspita, dan Edy Rianto. (2020). Media Teka-teki Silang Bergambar terhadap Penguasaan Kosakata Pengenalan Anggota Keluarga Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 15 (1), 1–13. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/32850
Slamet, Fayrus Abadi. (2022). Model Penelitian Pengembangan ( R n D ). Malang: Institut Agama Islam Sunan Kalojogo Malang.
Sugiyarti, Sugiyarti. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Huruf pada Siswa Kelas I SD Negeri Kluwih I. Jurnal Humaniora, 10 (1), 35–40. https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jh/article/view/657
Suweno, Intan, Santa Idayana Sinaga, dan Kata Kunci. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Teka Teki Silang Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pendidikan Anak Usia Dini Hafis Di Desa Pangkalan Gelebek. Jurnal Lentera Pedagodi, 7 (1), 21–26. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/23768
Syaifullah, Muhammad, dkk. (2022). Strategi Guru Agama dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Sesuai Hukum Tajwid Siswa Kelas V MI. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (4), 544–52. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/ 5282
Wahyuningsih, Fitri. (2021). Pengaruh Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Muatan Ips Kelas V Sdn 61 Karara Kota Bima Tahun Pelajaran 2021/2022. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10 (1), 16–29. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/9736
Widodo, Slamet, dkk. 2023. Buku Ajar Metode Peneltian. Pangkal Pinang: CV Science Techno Direct.
Wijaksono S, Dwi Nur Hadiyansah, dan Ainun Habiba Ramadani Siddik. (2022). The Effectiveness of Using Crossword Puzzle Games Through Student’s Vocabulary Mastery.” JOEY: Journal of English Ibrahimy, 1 (1), 1–10. https://doi.org/10.35316/joey.2022.v1i1.1-10.
Winaryati, Eny, Muhammad Munsarif, Mardiana, dan Suwahono. 2021. Cercular Model of R&D Jogjakarta: Penebit KBM Indonesia.

Published

2024-06-30